Penilaian Gerakan PKK Tingkat Sumbar, Ummi Harneli Mahyeldi Kunjungi Kelurahan Tanah Garam

Penilaian Gerakan PKK Tingkat Sumbar, Ummi Harneli Mahyeldi Kunjungi Kelurahan Tanah Garam

Solok, (InfoPublikSolok) – Kelurahan Tanah Garam terpilih mewakili Kota Solok dalam Lomba Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022.

Sebagai Ketua Tim Penilai, Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Ummi Harneli Mahyeldi memimpin rombongan tim penilai melakukan penilaian langsung terhadap TP-PKK Kelurahan Tanah Garam, Selasa (24/5).

Kedatangan Rombongan Tim Penilai Provinsi di RT 2/RW 5 Rimbo Barantai, Kelurahan Tanah Garam disambut oleh Walikota Solok Zul Elfian Umar, didampingi Ketua TP-PKK Kota Solok, Ny. Zulmiyetti Zul Elfian, Wakil Ketua TP-PKK Kota Solok, Ny. Dona Ramadhani Kirana Putra, serta Kepala OPD terkait.

Ummi Harneli Mahyeldi menyampaikan, Kota Solok merupakan daerah kelima yang dikunjungi dalam penilaian. Semua daerah diakuinya sangat luar biasa dalam menyiapkan diri untuk lomba Gerakan TP PKK berprestasi tingkat Sumbar ini.

Dikatakan, kegiatan ini tidak hanya semata terfokus kepada juara saja, namun merupakan evaluasi sejauh mana 10 Program Pokok PKK terealisasi di Kota Solok serta sejauh mana TP PKK mengambil peran sebagai mitra yang benar-benar menyukseskan program pemerintah.

Lebih lanjut, ada lima jenis lomba yang akan dinilai, telah disepakati bersama yang berada pada satu lokasi di kelurahan, hal tersebut juga telah dilaksanakan pada lomba gerakan PKK tahun sebelumnya.

Penilaian tersebut antara lain tertib administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI), UP2K PKK, Kawasan Aku Hatinya PKK serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Plus.

Diharapkan Sepuluh Program Pokok PKK menjadi cerminan dalam kegiatan ini, mulai dari kelembagaan, tertib administrasi PKK, kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok Kerja (Pokja) I, II, III dan IV sampai pada kegiatan yang dilakukan kelompok Dasawisma.

“Bukti foto dan video dokumentasi kegiatan dalam laporan-laporan kegiatan merupakan penilaian kami dari tim penilai provinsi,” tambahnya.

Isu pola asuh anak remaja di era digital juga menjadi aspek penting, Ummi Harnelli mengakui Peran PKK dan seluruh lapisan masyarakat sangat penting untuk mengarahkan, mendidik, serta meminimalisir resiko yang tidak kita inginkan.

“Jangan sampai anak-anak kita kebablasan di era digitalisasi ini, seperti pengontrolan orang tua dalam pemakaian smartphone. Hal ini sangat penting apakah kita mampu atau gagal memanfaatkan momentum bonus demografi pada tahun 2045 nanti,” jelasnya.

Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) juga menjadi aspek penilaian, berbagai persoalan keluarga yang dihadapi keluarga, salah satunya terjadi karena faktor ekonomi. Untuk itu, pentingnya peran PKK untuk membantu ibu-ibu dalam menambah penghasilan keluarga.

Berikutnya, teraturnya lingkungan pekarangan, tumbuhan asri dan nyaman. Ini merupakan salah satu faktor harmonisnya rumah tangga. Semuanya tertata dengan baik, jadikan rumah sebagai surga bagi seluruh keluarga.

“Terkait perilaku hidup bersih dan sehat, bagamana perilaku hidup bersih, sehat, harus juga menjadi perhatian PKK,” pungkas Ummi Harneli.

Sementara itu, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengatakan, keberadaan serta peran kelembagaan PKK dan kelompok Dasawisma memiliki peran amat penting dalam membina sikap perilaku masyarakat, terutama dalam pembinaan karakter anak sejak usia dini, peningkatan pendidikan dan ekonomi serta penanganan dalam pelayanan kesehatan.

Selaku pembina, Zul Elfian menegaskan, pemerintah daerah selalu menganggarkan dana melalui OPD yang mewadahi PKK untuk kelancaran pelaksanaan program-program dan kegiatan PKK.

“Tahun ini, TP PKK Kota Solok diwakili oleh Kelurahan Tanah Garam dalam penilaian Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumbar. Dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari OPD terkait, kami optimis TP-PKK Kelurahan Tanah Garam mampu meraih hasil terbaik pada Lomba Gerakkan PKK Tingkat Provinsi nantinya,” tutur Zul Elfian.

“Disamping penilaian, kami mohon arahan dan bimbingan tim penilai dari provinsi. Jika ada kekurangan akan kita perbaiki untuk kesejahteraan masyarakat Kota Solok,” harap Wako menutup sambutannya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Solok didampingi Ketua TP-PKK Sumbar dan Ketua TP-PKK Kota Solok juga menyerahkan doorprize satu unit sepeda kepada Kader PKK yang menjawab dengan benar pertanyaan dari Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar.

Tags: , , ,