Penilaian Kelurahan Berprestasi 2022, Camat Lubuk Sikarah Kunjungi Kelurahan Simpang Rumbio

Penilaian Kelurahan Berprestasi 2022, Camat Lubuk Sikarah Kunjungi Kelurahan Simpang Rumbio

Solok, (InfoPublikSolok) – Tim Penilai Kelurahan Berprestasi Tingkat Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok mengunjungi Kelurahan Simpang Rumbio dalam rangka melakukan Penilaian Kelurahan Berprestasi Tahun 2022, Kamis, (19/5/2022). Tim Penilai diketuai langsung oleh Camat Lubuk Sikarah, Feri Hendria.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, tim langsung mewawancarai serta memeriksa kelengkapan administrasi kelurahan, laporan, capaian indikator penyelenggaraan pemerintahan kelurahan, termasuk potensi serta swadaya masyarakatnya.

Dalam mewawancarai dan memeriksa berkas-berkas kelengkapan capaian indikator penyelenggaraan pemerintahan kelurahan, termasuk potensi serta swadaya masyarakat ini, Tim Penilai juga mewawancarai kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan serta inovasi dari Kelurahan Simpang Rumbio.

Tim penilai yang dipimpin oleh Camat Lubuk Sikarah ini melakukan wawancara dengan beberapa unsur pimpinan dan pegawai kelurahan menyangkut dari pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan indikator-indikator pendukung penilaian berprestasi ini.

Dalam diskusi dengan tim penilai ini, Kasi Pemerintahan selaku Tim Penilai yang mendampingi Camat Lubuk Sikarah Kota Solok mengatakan, pelaksanaan penilaian Kelurahan Berprestasi Tingkat Kecamatan Lubuk Sikarah tahun ini dilaksanakan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, sekarang ini kegiatan penilaian ini dilaksanakan dengan sederhana dan kelurahan harus didahului dengan evaluasi perkembangan kelurahan dan kelurahan yang dinilai.

DCamat Lubuk Sikarah mengatakan, dalam penilaian Kelurahan Berprestasi ada tiga bidang yang menjadi penilaian yaitu bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, dan bidang kemasyarakatan.

Menurutnya, ada beberapa keuntungan dalam pelaksanaan penilaian kelurahan selain sebagai ajang kompetisi antar kelurahan diantaranya meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dari semua golongan dalam membangun kelurahan.

Kemudian memelihara dan meningkatkan kebersihan lingkungan baik lingkungan pekarangan masing-masing maupun lingkungan sarana umum yang ada dengan demikian dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat, ucap Camat Lubuk Sikarah dalam diskusinya.

“Kami harap jajaran pemerintah Kelurahan Simpang Rumbio dapat menerima masukan dan petunjuk yang bukan saja berkaitan dengan perlombaan kelurahan tetapi juga dari sektor lain. Akhir dari kegiatan Penilaian Kelurahan Berprestasi, Camat Lubuk Sikarah melihat dan memantau keliling Kantor Lurah Simpang Rumbio. (amf)

Tags: ,