Peningkatan Kesiapsiagaan Instansi Pemerintah Hadapi Ancaman Bencana

Peningkatan Kesiapsiagaan Instansi Pemerintah Hadapi Ancaman Bencana

Solok, (InfoPublikSolok) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok lakukan sosialisasi kesiapsiagaan instansi pemerintah dan BUMD dalam menghadapi ancaman bencana di lingkungan Pemerintah Kota Solok.

Sesuai dengan surat edaran Walikota Solok nomor 50/46/BPBD-2019 tentang kesiapsiagaan instansi pemerintah dan BUMD dalam menghadapi ancaman bencana di lingkungan Pemerintah Kota solok Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok lakukan sosialisasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Kamis (21/3/2019).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD, Kenfilka, SH, MH didampinggi tim Pusdalops Pengendalian Bencana BPBD Kota Solok yang diikuti oleh seluruh staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Drs. Yul Abrar.

Kepala Pelaksana BPBD menegaskan posisi Kota Solok merupakan salah satu kota yang memiliki resiko dampak bencana yang cukup tinggi. Selain bencana banjir, angin kencang dan longsor, Kota Solok juga berada pada jalur patahan semangka sehingga Kota Solok juga berpotensi terjadinya gempa bumi. Lebih lanjut disampaikan bahwa dampak bencana tersebut meliputi semua aspek kehidupan manusia baik moril maupun materil.

“Perlu peningkatan kesiapsiaagaan dalam menghadapi bencana untuk pengurangan resiko bencana baik di Instansi Pemerintah maupun masyarakat Kota Solok,” tegas Kenfilka.

“Diharapkan setiap instansi dapat memastikan ketersediaan semua peralatan, sarana dan prasarana yang berkaitan dengan sistem peringatan dini, memiliki petunjuk arah evakuasi dan bagi instansi yang akan membangun gedung baru agar konstruksi yang dibangun adalah konstruksi ramah gempa,” jelasnya.

Simulasi dan pelatihan penanggulangan bencana secara berkala dan berkesinambungan ini merupakan salah satu dari enam arahan Presiden RI mengenai penanggulangan bencana di Indonesia, maka sangatlah penting bagi setiap Instansi pemerintah menindaklanjutinya demi terwujudnya pencegahan dan penanganan bencana yang terpadu. (aw)

Tags: , , , , ,