Penjaringan Kesehatan Pada Siswa Baru SMAN 3 Solok

Penjaringan Kesehatan Pada Siswa Baru SMAN 3 Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Puskesmas Tanah Garam melalui Bidang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang dikoordinir oleh Nidia Indah Lestari, S.KM mengadakan kegiatan penjaringan kesehatan di SMA Negeri 3 Solok, Senin (26/08/2017).

Menurut Nidia Indah Lestari, anak usia sekolah merupakan usia rentan terkena gangguan kesehatan, karena itu sangat tepat untuk diakukan upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit lebih dini melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Puskesmas Tanah Garam mempunyai fungsi sebagai Pembina UKS dan pelaksana penjaringan kesehatan anak sekolah, tuturnya

Lebih lanjut, Nidia menjelaskan, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah, serta usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah. Kegiatan yang dilakukan yaitu penjaringan kesehatan peserta didik yang belum terjaring seluruhnya, seperti pemeriksaan Tensi, pemeriksaan Gigi, Tinggi Badan dan pemeriksaan Mata, tambah Nidia.

Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SMA Negeri 3 Solok Ermalinda, S.Pd dalam hal ini sebagai pendamping Tim UKS Puskesmas Tanah Garam mengucapkan terima kasih karena tim UKS berkunjung ke sekolah, dan anak-anak siswa baru juga sangat antusias dalam mengadakan cek kesehatan ini disamping gratis, program ini sangat bernilai positif, tuturnya

Dinda Hayati Rahmi, merupakan siswa kelas X.IPA.4 juga mengatakan terima kasih karena telah datang kesekolah kami, pemeriksaan ini sangat komplit, dan gratis lagi. Dengan adanya pemeriksaan ini kita tahu apa penyakit kita dan bisa segera ditanggulangi lebih dini, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 3 Solok, Eli irmanita mengucapkan terima kasih kepada Tim UKS Puskesmas Tanah Garam telah melakukan kegiatan yang sangat bermanfaat sekali dan telah mau datang ke SMA Negeri 3 Solok. (dp)

Tags: , , ,