Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

5 Desember 2023

Pentingnya Data Akurat, BPP Lubuk Sikarah Laksanakan Sosialisasi Pengukuran Lahan

Pentingnya Data Akurat, BPP Lubuk Sikarah Laksanakan Sosialisasi Pengukuran Lahan

Solok, (InfoPublikSolok), Keberadaan data yang akurat sangat penting, baik itu untuk perencanaan ataupun untuk evaluasi kegiatan. Sekarang tidak cukup data numerik tapi data spasial sangat diperlukan keberadaannya. Data spasial dibutuhkan keberadaannya jika data tersebut terkait keruangan atau posisi di suatu tempat.

Untuk itu pada tanggal 26 September 2023 bertempat di BPP Lubuk Sikarah diselenggarakan Sosialisasi Pengukuran Geospasial Lahan Pertanian dengan dana dari DAK Non Fisik Tahun 2023. Peserta yang terdiri dari penyuluh dan petani se Kecamatan Lubuk Sikarah yang berjumlah 32 orang hadir mengikuti kegiatan ini. Bertindak sebagai narasumber Ricky, SP, M.Si, Pegawai pada Dinas Pertanian Kota Solok yang memiliki keahlian pemetaan.

“Keakuratan data pertanian seperti luas lahan, khususnya luas sawah sangat penting untuk perencanaan kegiatan sektor pertanian. Selama ini luas sawah hanya diperkirakan dari produksi padi seperti lahan yang menghasilkan enam ton berarti lahan tersebut mempunyai luas satu hektar. Data perkiraan ini menjadi bias karena produksi padi tidak selalu sama setiap musim panen dan tiap lokasi mempunyai produksi berbeda,” tukas Fathoni Abdillah pada sambutan pembukaan acara sosialisasi.

“Oleh karena itu kegiatan pengukuran lahan pertanian secara geospasial menjadi sangat penting untuk mendapatkan luas lahan yang akurat dan terpercaya karena pengukuran ini memakai aplikasi pemetaan,” sambung Analis Kebijakan Ahli Muda hasil penyetaraan ini.

Data luas lahan secara spasial ini sangat berguna untuk perencanaan sektor pertanian seperti perencanaan kebutuhan pupuk bersubsidi yang tertuang pada RDKK atau kegiatan lain yang membutuhkan koordinat lokasi.

Dalam materinya Narasumber menjelaskan bahwa di dalam pengukuran lahan secara geospasial ini menggunakan metode partisipatif semua pihak terkait, terutama petani karena petanilah yang mengetahui batas wilayahnya masing-masing.

“Nanti pengukuran perbidang lahan ini memuat informasi nama pemilik dan NIK, nama penggarap dan NIK, alamat lahan, nama kelompok yang menaungi lahan dan nama penyuluh setempat. Digitasi peta lahan bisa dilakukan dengan handphone android,” jelas Ricky.

Penyuluh dan petani peserta sosialisasi sangat antusias karena penasaran dengan luas lahan garapan mereka sebenarnya.

“Dengan adanya perhitungan luas lahan secara geospasial ini kami dapat mengetahui secara pasti luas lahan yang kami garap sehingga kami dapat menyediakan benih secara tepat,” tutur salah seorang peserta sosialisasi asal Kelurahan Tanah Garam. (fa).

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.