Penyerahan Sertifikat Akreditasi Oleh Wali Kota Kepada Kepala Dinkes Kota Solok

Penyerahan Sertifikat Akreditasi Oleh Wali Kota Kepada Kepala Dinkes Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Penyerahan sertifikat akreditasi oleh Wali Kota Solok kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Senin (23/12/2019) di Halaman Balai kota solok. Pemerintahan Kota Solok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solok terus mendorong puskesmas di Kota Solok untuk akreditasi, akreditasi Puskesmas adalah proses penilaian eksternal oleh Komisi Akreditasi dan atau Perwakilan di Provinsi terhadap puskesmas untuk menilai apakah sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok sesuai dengan standar yang ditetapkan. Jadi yang menilai atau mengakreditasi Puskesmas merupakan komisi yang memang sudah dilatih khusus menjadi penilai apakah sebuah Puskesmas lulus akreditasi atau tidak, berdasarkan penjabarannya tujuan umum dari akreditasi Puskesmas adalah Meningkatkan mutu layanan Puskesmas. Akreditasi ini dilakukan 3 tahun sekali sesuai tuntutan permenkes 75 tahun 2019 tentang puskesmas.

Sertifikat Fasilitas kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ini diserahkan Wali Kota Solok Zul Elfian pada saat apel gabungan ASN Pemerintahan Kota (Pemko) Solok, yang dilaksanakan di Halaman Balai Kota Solok, Puskesmas yang menerima sertifikat Akreditasi Fasilitas kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) adalah Puskemas Tanjung Paku dengan hasil Paripurna dan Puskesmas Tanah Garam dengan hasil Utama.

Menurut Wali Kota Solok Zul Elfian, Dinas Kesehatan telah memaksimalkan upaya untuk mencapai semua indikator kesehatan, dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas akhirnya Puskesmas Tanjung Paku dan Puskesmas Tanah Garam dapat meraih penghargaan paripurna dan utama, dan tidak hanya itu saja Dinas Kesehatan juga mendapatkan penghargaan Swastisaba Wistara.

Lebih lanjut, Zul Elfian memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada OPD yang telah bekerja optimal sehingga Kota Solok mendapatkan berbagai penghargaan baik di Tingkat Provinsi maupun Tingkat Nasional sehingga Kota Solok telah mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Pusat, tentu hal ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan dengan bekerja penuh dan selalu berinovasi, ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Ambun kadri juga menjelaskan untuk mendapatkan penghargaan sertifikat akreditasi tersebut, setidaknya harus memenuhi unsur penilaian, seperti administrasi manajemen, upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan, sertifikat akreditasi ini diterbitkan oleh Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dibawah naungan Kementerian Kesehatan. Untuk memperoleh sertifikat ini tidaklah gampang, butuh kerja keras kami di jajaran medis, baik secara administrasi maupun teknis, butuh komitmen dan kemauan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat, ujarnya. (es)

Tags: , , , , , , ,