Penyerahan Simbol Rumah Bagi Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA)

Penyerahan Simbol Rumah Bagi Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA)

Solok, (InfoPublikSolok) – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Solok diwakili oleh Sekretaris Yusmaniar membuka acara penyerahan Simbol Rumah bagi Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) di Aula DPPPA, Jumat 12 Juli 2019.

Turut hadir Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan Yusnel Feroza, Kepala Seksi Kualitas Hidup Keluarga Fatrisben dan jajarannya serta 70 peserta PEKKA penerima Simbol Rumah yang berasal dari Kelurahan Pasar Pandan Air Mati, Koto Panjang dan Simpang Rumbio.

Penyerahan simbol rumah ini secara resmi diwakilkan kepada Asmawarni dari Kelurahan Koto Panjang dan Rahmi Kurniawati dari Kelurahan Simpang Rumbio dengan tujuan untuk memudahkan pendataan dan pembinaan terhadap PEKKA dan mempermudah saling bertukar informasi dan keterampilan dalam membantu penguatan perekonomian sesama anggota PEKKA serta dalam rangka percepatan implementasi Pengarustamaan Gender.

Dalam sambutannya, Yusmaniar menyampaikan bahwa Perempuan Kepala Keluarga Di Kota Solok berjumlah 2.529 PEKKA dan diantaranya terdapat 1.280 PEKKA kurang mampu dengan usia pada rentang 20–60 tahun.

“Tentu hal ini mendapat perhatian sepenuhnya dari pemerintah, karena keadilan ekonomi bagi perempuan telah menjadi program unggulan pemerintah untuk menghilangkan ketimpangan gender. Perempuan mempunyai kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk berpartisipasi di bidang ekonomi,” kata Dia.

Yusmaniar mengharapkan dengan adanya Simbol Rumah ini akan mempermudah bagi instansi/ OPD lain untuk  memperoleh data dan memberikan pembinaan dan pemberian bantuan dan bermitra dengan memberdayakan PEKKA secara ekonomi sehingga diharapkan mampu mandiri dengan keahlian dan keterampilan yang mereka peroleh.

Untuk menunjang perekonomian keluarga, pada tahun 2018 lalu DPPPA telah menyerahkan 40 buah mesin jahit dan 2 mesin obras, sedangkan untuk tahun 2019, DPPPA akan mengadakan pelatihan pembuatan kue kering dan kue basah bagi 40 PEKKA untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian Perempuan Kepala Keluarga. (as)

Tags: , , , , ,