Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Penyuluhan Hukum dan Sosialisasi Perda di Kelurahan IX Korong

Penyuluhan Hukum dan Sosialisasi Perda di Kelurahan IX Korong

Solok, (InfoPublikSolok) – Bagaian Hukum Setda Kota Solok menggelar road show penyuluhan hukum dan sosialisasi Peraturan Daerah untuk masyarakat Kelurahan se-Kota Solok.

Kali ini penyuluhan hukum diberikan kepada tokoh masyarakat di Kelurahan IX Korong, Kamis (9/2), bertempat di aula kantor kelurahan setempat. Penyuluhan hukum disampaikan oleh Anggota DPRD, Deni Nofri Pudung, serta Asisten I Setda, Nova Elfino.

Deni Nofri Pudung dalam hal ini, berkesempatan menyampaikan penyuluhan produk hukum Peraturan Daerah (Perda) Kota Solok Nomor 4 Tahun 2002 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum).  “Perda Trantibum merupakan hasil pembahasan yang telah disahkan oleh Anggota DPRD dengan Pemerintah Daerah Kota Solok, Perda ini selanjutnya akan disosialisasikan dalam waktu 6 bulan,” tuturnya.

“Perda Trantibum mengatur dan menata semuanya termasuk tempat-tempat hiburan. Kami harapkan melalui Niniak Mamak, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan Bundo Kanduang untuk memberi pengertian kepada masyarakat agar memberikan jalan untuk fasilitas umum juga untuk masyarakat yang memiliki rumah kontrakan dan kost-kostan agar menerima penghuni yang jelas identitasnya, karena Perda nomor 4 tahun 2022 ini untuk masyarakat Kota Solok,” jelasnya.

“Begitu juga untuk Pedagang kaki lima sudah ada di Perda ini, jadi mereka tidak bisa berjualan seenaknya saja dan tidak mengganggu fasilitas umum dan jika dilanggar akan ada sanksi berupa nominal, tetapi terlebih dahulu akan ada teguran pertama sampai teguran keempat dan kelima akan ada sanksi jika masyarakat ada yang melanggar perda ini,” lanjutnya.

Selanjutnya, Asisten I, Nova Elfino menjelaskan Peraturan Daerah Kota Solok Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak.

Dikatakan, pada dasarnya penerapan Perda ini sudah berjalan dengan baik di Kota Solok, dan sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, hak perempuan dan anak sangatlah diutamakan di Kota Solok.

“Jangan pernah ada diskriminasi dan eksploitasi terhadap perempuan dan anak. Pemenuhan Hak anak adalah tanggung jawab kita sebagai orang tua, tetapi kami Pemerintah Kota Solok juga memiliki tanggung jawab seperti menyusun kebijakan, program, kegiatan, dan kami menjamin hak asasi anak dengan tidak membedakan suku, agama, ras dll serta kerja sama dengan pihak lain dalam rangka pemenuhan hak anak. Dan untuk kekerasan terhadap anak mari kita sama-sama kenali apa saja tanda-tanda kalau anak tersebut mengalami kekerasan yaitu banyak melamun, perubahan mood yang tiba-tiba, nafsu makan menurun, merasa tidak aman dll. Kadang orangtua tidak menyadari atau terlambat mengetahui anaknya mengalami kekerasan, maka disinilah peran kita sebagai orangtua untuk menjadi tempat curhat anak, dekati anak baik fisik maupun batinnya,” paparnya.

Lurah IX Korong Lega Junaidi Judan, mengapresiasikan kegiatan penyuluhan ini, dan berharap kerjasama RT, RW, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan tokoh masyarakat untuk mendukung dan menginformasikan kepada tetangga sekitar mengenai dua Perda ini.

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.