Penyuluhan Program PTSL 2019 di Kelurahan IX Korong

Penyuluhan Program PTSL 2019 di Kelurahan IX Korong

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka meningkatkan mutu dan pelayanan masyarakat mengenai Pertanahan, Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Kota Solok mengadakan penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) di Kelurahan IX Korong bertempat di aula kelurahan setempat, Jumat (1/2/2019).

Dalam Penyuluhan PTSL ini melibatkan RT/RW, LPMK, Bundo Kanduang, Ninik Mamak, Pemuka dan Tokoh Masyarakat Kelurahan IX Korong.

Dari Kantor ATR-BPN Kota Solok menghadirkan Kepala Seksi Pemeliharaan Data dan Pengembangan Pertanahan, Nella Verawati, SH, dalam sambutanya mengatakan, Program PTSL ini memberikan kemudahan dan keuntungan bagi Masyarakat, seperti bidang Tanah yang Sudah terdaftar atas nama Kaum maka dapat didaftarkan atas nama Suku, maka akan meminilisir masalah yang ada.

Dijelaskan, hasil yang akan dikeluarkan berupa K1 (Sertipikat), K2 (Sangketa Batas), K3 (Tanah yang diukur karena alasan tidak setuju di sertipikat) dan K4 (Tanah sudah terdaftar tidak bersertipikat tapi tidak ada data di BPN).

Untuk Lokasi PTSL tahun 2019 akan dilaksanakan di Kelurahan Sinapa Piliang, Tanah Garam dan IX Korong. Untuk Kelurahan IX Korong akan disediakan 20 Bidang sertifikat dan biaya PTSL dibebankan kepada Negara.

Sekretaris Lurah IX Korong, Febri Anita, S.Sos mewakili Lurah dalam hal ini mengharapkan agar program PTSL ini bisa dimanfaatkan oleh Masyarakat untuk pengurusan tanah dan sertipikat terutama Masyarakat Kelurahan IX Korong dan tidak ditemui lagi permasalahan Tanah dan Sertipikat setelah pelaksanaan program PTSL. (sd)

Tags: , , ,