Penyuluhan Tablet Tambah Darah Bagi Siswa SMA Negeri 3 Solok

Penyuluhan Tablet Tambah Darah Bagi Siswa SMA Negeri 3 Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan Kota Solok adakan sosialisasi Tablet Tambah Darah ke siswa SMA Negeri 3 Kota Solok pada saat selesai acara Kultum Jumat pagi. Jumat (22/2/2019) pagi. Sosialisasi ini diadakan karena masih kurangnya kesadaran pelajar akan pentingnya Tablet Tambah Darah.

Kunjungan tim Dinas Kesehatan Kota Solok ini diwakili oleh Kasi Kesga dan Gizi Masyarakat, NS. Aprinur. S.Kep didampingi Erdarlini dan Nova, Staf bagian Gizi Puskemas Tanah Garam.

Aprinur dalam pengarahannya dihadapan para siswa mengatakan, ciri-ciri kurang darah yaitu akan mengakibatkan 5 L (lemah, Lunglai, Letih, Lesu, Lalai). Kurang darah juga mengakibat mata berkunang-kunang dan bahkan bisa mengakibatkan pingsan. Untuk jangka panjangnya bahaya kurang darah ini justru sangat besar pengaruhnya pada siswa perempuan karena nantinya setelah menikah akan mengalami masa kehamilan yang bisa mengakibatkan kematian janinnya atau keguguran.

Beranjak dari fenomena ini, Aprinur mengatakan, akibat kurang darah juga akan mempengaruhi rendahnya Hemoglobin (Hb) dalam darah, Kadar Hb yang normal bagi laki-laki umumnya sekitar 13,8 sampai 17,2 g/dL. Sedangkan untuk perempuan adalah 12,1 sampai 15,1 g/dL

Para Wali Kelas dalam hal ini yang diwakili oleh Tim UKS Sekolah, Ermalinda, S.Pd telah mengadakan survey, hasilnya ditemukan banyak para siswa yang tidak mau mengkonsumsi tablet ini karena takut akan terjadi sesuatu yang memiliki dampak buruk, apalagi para siswa perempuan sangat takut sekali karena dengan memakan tablet tambah darah ini akan mempengaruhi siklus menstruasinya, sesuai apa yang diungkapkan beberapa siswi SMA Negeri 3 Solok, Reza Marenta dan Reza Akmaliani Putri.

Kepala Sekolah Eli Irmanita, S.Pd menyampaikan apresiasi kepada Wakil Kepsek Bidang Kesiswaan, Nafriwal, S.Pd serta kepada Dinas Kesehatan Kota Solok karena telah memfasilitasi acara ini. Karena menurut eli, “Kami para Guru tentunya tidak mengetahui betul akan bahaya kurang darah ini, yang ternyata sangat penting sekali untuk kesehatan dan sangat mempengaruhi sekali pada motivasi dan semangat belajar para siswa di sekolah,” ungkapnya. (dp)

Tags: ,