Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Penyusunan Buku Neraca Bahan Makanan

Penyusunan Buku Neraca Bahan Makanan

Solok, (InfoPublikSolok) – Penyusunan buku Neraca Bahan Makanan (NBM) bertujuan untuk mengetahui jumlah penyediaan, penggunaan dan ketersediaan pangan per kapita untuk konsumsi penduduk.

NBM juga diperlukan untuk mengetahui tingkat ketersediaan pangan berdasarkan rekomendasi Angka Kecukupan Gizi (AKG) dan komposisinya berdasarkan Pola Pangan Harapan (PPH), serta  dapat dijadikan sebagai acuan dalam perencanaan produksi/pengadaan pangan bahan perumusan kebijakan pangan dan gizi.

Buku Neraca Bahan Makanan menyajikan jumlah pangan yang tersedia untuk dikonsumsi penduduk per kapita dalam kg/tahun atau gram/hari serta dalam bentuk zat gizi tertentu yaitu kalori (kkal/hari), protein (gram/hari), lemak (gram/hari), dan informasi penting lainnya yang berhubungan dengan pangan.

Jenis bahan makanan adalah semua jenis bahan makanan yang dapat atau lazim dimakan penduduk, baik yang menjual maupun tidak. Bahan makanan yang dicantumkan dalam kolom NBM adalah semua jenis bahan makanan baik nabati maupun hewani yang umum tersedia untuk dikonsumsi masyarakat.

Bahan makanan tersebut diperkecil menurut jenisnya yang mengikuti prosesnya dari produksi sampai dengan dapat dipasarkan atau dikonsumsi dalam bentuk belum berubah atau bentuk lain yang berbeda sama sekali setelah melalui proses pengolahan.

Jenis bahan makanan ini secara umum dikumpulkan ke dalam sebelas kelompok bahan makanan yaitu padi-padian, makanan berpati, gula, buah/biji berminyak, buah-buahan, sayur-sayuran, daging, telur, susu, ikan serta kelompok minyak dan lemak.

Plt. Kepala Dinas Pangan Kota Solok, Ir. Efrizal Hasdi menyampaikan, dengna NBM maka dapat dianalisis apakah suatu pangan yang tersedia di Kota Solok sudah mencukupi sesuai dengan standar jumlah dan kualitas.

Berdasarkan olah data untuk angka tetap tahun 2022, didapatkan kesimpulan sebagai berikut; Energi 3518 kkal/kap/hari atau 146.58% dari standar AKG, Protein 114.55gram/kap/hari atau 181.82 dari standar AKG, Lemak 56.98 gram/kap/hari

Data di atas adalah data ketersediaan pangan terhadap 134 komoditas pangan yang ada di Kota Solok  (Pasar Raya Solok, Pasar Pagi, grosir dan pedagang besar di sekitar Kota Solok).

“Data tersebut telah di-inputkan ke dalam aplikasi NBM, dengan gambaran umum tingkat ketersediaan energi dan protein tersedia cukup di Kota Solok. Yang menjadi permasalahan adalah akses masyarakat untuk konsumsi bahan pangan,” ungkap Efrizal kepada peserta rapat koordinasi tim penyusunan buku NBM di ruang rapat Dinas Pangan, Rabu (12/7).

Secara umum tim menyepakati untuk angka tetap tahun 2022 adalah data  tersebut di atas sehingga data tersebut digunakan untuk penulisan buku NBM tahun 2023. Direncanakan untuk rapat angka sementara 2023 akan dilaksanakan sekitar bulan Oktober 2023 dan dilanjutkan dengan penulisan buku NBM untuk tahun 2023.

Turut hadir, Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Bulog Cabang Solok, BPS, Dinas Pertanian, Dinas Perhubungan, Bagian perekonomian dan SDA, serta Analis Ketahanan Pangan. (fas/re)

 

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.