Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Penyusunan Desain Olahraga Daerah, Kadispora Temui Dekan FIK UNP

Penyusunan Desain Olahraga Daerah, Kadispora Temui Dekan FIK UNP

Padang, (InfoPublikSolok) – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok, Nurzal Gustim bersama Kepala Dinas Pendidikan, Irsyad didampingi Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Edwin Putra, beraudiensi dengan Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Nurul, bertempat di ruang kerja Dekan FIK UNP, Rabu (6/12).

Kepada Dekan, Kadispora menyampaikan bahwa niatnya bersama Kadisdik menindaklanjuti Nota Kesepakatan Wali Kota Solok dengan Rektor UNP yang masih bersisa dua tahun lagi untuk lebih dipertajam dalam bentuk perjanjian kerjasama perangkat daerah dengan dekan.

“Sangat sayang rasanya, kami Pemerintah Kota terutama Dispora dan Disdik yang sangat butuh pendampingan dan support UNP yang merupakan gudangnya pakar keolahragaan di Sumatera, apalagi telah ada MoU. Oleh karena itu di masa periode Pak Dekan sekarang besar harapan kami ada hal yang lebih konkrit yang dapat kita kerjasamakan,” ungkap Kadispora.

Lebih lanjut Kadispora menyampaikan bahwa sebagaimana amanat Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) bahwa daerah juga memiliki Desain Olahraga Daerah (DOD) dengan mempedomani DBON.

Selain itu, Kadispora juga menyampaikan bahwa di tahun 2024 nanti juga akan melakukan pemetaan sekaligus menyiapkan rencana kerja terhadap penyelenggaraan sentra olahraga yang satu dekade ini diselenggarakan namun belum memiliki perencanaan yang komprehensif sehingga goal yang dituju juga tidak maksimal yang dirasakan.

Sejalan dengan rencana Kadispora, Kepala Dinas Pendidikan Irsyad juga menyampaikan rencana pelaksanan program kelas keberbakatan di tingkat SMP dan memfokuskan bidang olahraga sepakbola.

“Saat ini sudah mulai tampak keberadaan stadion sepakbola di Kota Solok yakni Stadion H. Marah Adin, walaupun masih belum selesai. Namun pembangunan fisik stadion tentunya juga dibarengi dengan penyiapan program yang tepat sehingga keberadaan stadion itu nanti sesuai dengan tujuan akhir yang dicapai, yakni salah satunya nanti akan bermunculan bibit-bibit atlet sepakbola yang lahir dari Kota Solok,” ungkap Kadisdik.

Dekan FIK, Prof. Nurul menyambut baik atas rencana Pemerintah Kota Solok, ia juga berharap apa yang direncanakan tersebut dapat terealisasi secepatnya.

“Saya sangat menyambut baik rencana pak Kadis, ikan sepat ikan gabus, semakin cepat makin bagus, Semoga kita segera realisasikan. Kami sangat senang dan siap untuk membersamai rencana Pemerintah Kota Solok. Apalagi pak Rektor dan pak Wako telah ada nota kesepakatan, tinggal kita yang menindaklanjuti untuk konkritnya, ” tanggap Dekan.

Prof. Nurul juga memberi ruang luas yang dibutuhkan Pemerintah Kota Solok yang akan dicantumkan dalam perjanjian kerjasama. (ep/r)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan