Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Penyusunan Rencana Aksi Daerah Pelayanan Kepemudaan, Dispora Kunjungi Bappeda Sumbar

Penyusunan Rencana Aksi Daerah Pelayanan Kepemudaan, Dispora Kunjungi Bappeda Sumbar

Padang, (InfoPublikSolok) – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok yang diwakili Kabid Kepemudaan Pris Gusfo Pertason, didampingi Analis Kepemudaan Vonny Yelvi Deswira, melakukan audiensi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumatera Barat terkait Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Pelayanan Kepemudaan, bertempat di ruang kerja Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Sumbar, Rabu (6/12).

RAD pelayanan kepemudaan merupakan wujud komitmen bersama dari para pemangku kepentingan atas kebijakan kepemudaan untuk mencapai suatu perubahan konkrit yang disepakati bersama. Rencana aksi berisi program serta kegiatan di bidang Kepemudaan guna mewujudkan sumber daya pemuda yang maju, berkualitas, dan berdaya saing. Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 merupakan acuan dalam penyusunan RAD Pelayanan Kepemudaan.

Terkait dengan program kegiatan Bidang Kepemudaan tahun 2024, Kabid Kepemudaan menyampaikan, tujuan penyusunan RAD Kepemudaan ini guna memaksimalkan pelayanan kepemudaan, pembangunan kepemudaan melalui peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP). Karena masalah kepemudaan menjadi isu penting dalam pembangunan dan pengembangan nasional.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Bappeda Prov. Sumbar, Andre Ola Vetric, menyambut baik audiensi ini, dan akan mendukung serta membimbing Dispora Kota Solok dalam proses penyusunan RAD Pelayanan Kepemudaan.

“Kami ucapkan selamat datang kepada Kabid Kepemudaan Kota Solok. Kami akan membimbing bagaimana proses penyusunan RAD Pelayanan Kepemudaan di Kota Solok, karena kepemudaan menjadi isu penting dalam pembangunan dan pengembangan nasional ke depannya,” ungkap Andre Ola Vetric.

Andre menjelaskan tahapan-tahapan yang harus dilakukan dan juga memaparkan materi terkait penyusunan RAD Pelayanan Kepemudaan. Terdapat lima domain pembangunan pemuda yaitu, Domain Pendidikan, Domain Kesehatan dan Kesejahteraan, Domain Kesempatan dan Lapangan Kerja, Domain Kepemimpinan dan Partisipasi dan Domain Gender dan Diskriminasi. Untuk mewujudkan tujuan bersama dibutuhkan koordinasi dan sinergi lintas sektoral pelayanan kepemudaan. (ep/r)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan