Peran Perpustakaan Keliling dalam Menumbuhkan Minat Baca Pelajar

Peran Perpustakaan Keliling dalam Menumbuhkan Minat Baca Pelajar

Solok, (InfoPublikSolok) – Perpustakaan merupakan salah satu sarana sebagai sumber pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa. Perpustakaan memberikan konstribusi penting bagi terbukanya informasi tentang ilmu pengetahuan.

Dengan adanya perpustakaan, diperoleh data atau informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan. Untuk meningkatkan layanannya baik kuantitas maupun kualitasnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok menyelenggarakan mobil layanan Perpustakaan Keliling ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Solok.

Ditemui di ruangannya, Rabu (16/2/2022) Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Karmaini, S.Sos menyatakan tujuan dari penyelenggaraan Perpustakaan Keliling ini yakni untuk menumbuhakan dan meninggkatkan minat baca masyarakat serta memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan guna mencerdaskan masyarakat.

“Perpustakaan juga merupakan agen perubahan, agen pembangunan, dan agen kebudayaan umat manusia. Sebab berbagai penemuan sejarah, pemikiran, dan ilmu pengetahuan yang telah ditemukan pada masa lalu, yang direkam dalam bentuk tulisan tersebut dapat dipelajari, diteliti, atau bentuk tertentu yang disimpan di perpustakaan. Koleksi dikaji, dan dikembangkan oleh generasi sekarang, dan kemudian dipergunakan sebagai landasan penuntun untuk merencanakan masa depan yang lebih baik,” jelas Karmaini.

Petugas pelaksana Perpustakaan Keliling, Dafrizal mengatakan pos layanan perpustakaan keliling dimulai dari Sekolah Dasar, SLTP, SLTA serta Rumah Singgah yang ada di Kota Solok. Setiap pos layanan perpustakaan keliling diberikan pinjaman koleksi buku setiap kali kunjungan, dengan ketentuan batas waktu peminjaman, hal ini sesuai dengan surat perjanjian kerjasama antar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok dengan pos layanan mobil Perpustakaan Keliling.

Perjanjian kerjasama ini diadakan dengan tujuan untuk mewujudkan optimalisasi fungsi Perpustakaan, terutama dalam hal peningkatan minat dan kebiasaan membaca masyarakat terutama bagi kelompok masyarakat yang membutuhkan layanan Perpustakaan serta memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan guna mencerdaskan masyarakat.

Dengan demikian, peran dari Perpustakaan Keliling ini sangat membantu memperkenalkan Perpustakaan kepada masyarakat yang belum mengetahui apa itu perpustakaan dan juga bagi sekolah-sekolah SD, SMP, SMA/SMK yang belum memiliki sarana perpustakaan dapat terbantu oleh adanya Perpustakaan keliling tersebut, yang akan meningkatkan pengetahuan dalam dunia pendidikan. (jij)

Tags: ,