Peran Wanita Koto Panjang Ikut Mensukseskan Event Basitajik

Peran Wanita Koto Panjang Ikut Mensukseskan Event Basitajik
Solok, (InfoPublikSolok) – Basitajik adalah sebuah perlombaan tradisional, yang sarananya dari kumpulan rakit yang disatukan membentuk sebuah “Rakit” atau boleh juga disebut dengan Anyaman dari bambu .  rakit ini dahulunya dipakai oleh masyarakat untuk menyeberangi sungai. Bahkan ada yang menggunakan rakit untuk mengangkut hasil perdagangan.
“Kegiatan pacu rakik ini juga bisa membangkitkan semangat para pemuda dari kelurahan yang lainnya yang ada di Kota Solok, dan pacu rakik ini salah satu contoh kegiatan yang memiliki ikonik tersendiri saat memeriahkan hari kemerdekaan setiap tahunnya,” aata Afrizal Ane Panitia Penyelenggara.
Adapun basitajik diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antara pemuda, masyarakat, tokoh masyarakat, dan pemerintah daerah Kota Solok. Basitajik ini juga menyasar kunjungan wisatawan baik lokal maupun nasional untuk datang ke Kota Solok ungkap Afrizal Pitok selaku Ketua Pemuda Kel.Koto Panjang.
Namun disetiap Perlombaan tiap tahunnya ini juga terdapat peran wanita,ibu-ibu Kelurahan Koto Panjang,diantaranya ibu-ibu PKK, Bundo Kanduang dan Ibu-Ibu Warga yang ikut berpartisipasi memeriahkan acara Basitajik ini,tentunya mereka selain  turun ke dalam air untuk mengikuti lomba ada juga yang mempersiapkan makanan bagi Tamu undangan, Panita ,serta para peserta lomba yang tengah bertanding.
Selama kegiatan acara ini berlangsung para “iduak-induak ini akan selalu menyediakan makanan hingga sore harinya hingga acara usai,bertempat di gedung serbaguna Kel.Koto Panjang dihidangkan dalam bentuk prasmanan dan gratis ,jadi bagi yang sudah lapar bisa langsung ke lokasi disediakannya makanan ini” ujar Nova salah seorang kader PKK Kelurahan Koto Panjang yang telah mempersiapkan nya bersama ibu-ibu lainnya dari pagi.
Makanan yang kita persiapkan ini merupakan masakan rumahan yang kami buat bersama-sama,jadi yang mau ikut serta dan menonton acara basitajik jangan takut kalo perut kosong langsung saja ke gedung serba guna kata Ani warga yang ikut membantu mempersiapkan makanan.
Erni Ahmad Bundo Kanduang Kelurahan Koto Panjang juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada warga dan ibu-ibu yang turut berpartisipasi demi kesuksesan acara ini,semoga kedepannya kegiatan Basitajik ini lebih ramai lagi dan paraberharap  peserta juga berasal dari luar kota Solok yang dapat membangkitkan pariwisata kota solok hendaknya. (da)
Tags: , , ,