Peresmian Pasar Syariah Abdurrahman Bin Auf, Tempat Belanja Yang Aman dan Nyaman

Peresmian Pasar Syariah Abdurrahman Bin Auf, Tempat Belanja Yang Aman dan Nyaman

Solok, (InfoPublikSolok) – Pemerintah Kota Solok meresmikan keberadaan pasar Abdurrahman Bin Auf, pada Jumat (26/6/2020). Peresmian pasar rakyat ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Walikota Solok Zul Elfian, yang didampingi oleh Kepala Disperindag Provinsi Sumatera Barat Asben Hendri.

Peresmian pasar yang terletak disamping terminal bareh solok dihadiri oleh Forkompimda, Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala OPD di Pemerintah Kota Solok, Kepala BUMN dan BUMD, Ketua LKAAM, Bundo Kanduang, serta masyarakat yang tergabung dalam pedagang pasar pagi.

Pasar ini dipersiapkan sebagai percontohan penerapan protokol kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19. Di Pasar rakyat Abdurrahman Bin Auf dijalankan protokol kesehatan yang ketat dan berlaku untuk pedagang maupun pembeli. Di pintu masuk ada petugas yang mengecek suhu tubuh para pengunjung pasar. Selain itu, mereka juga diminta untuk mencuci tangan, dan para pembeli juga diwajibkan memakai masker.

Bujang Putra Kepala Dinas Koperindag Kota Solok yang sekaligus selaku ketua pelaksana kegiatan peresmian menyampaikan keberadaan pasar rakyat perlu ditata keberadaannya. Pasar rakyat perlu memiliki fasilitas yang memadai agar tidak kalah bersaing dengan pasar modern, dan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Pasar rakyat mempunyai peranan penting dalam menggerakkan dan menumbuhkan perkembangan perekonomian masyarakat. Namun dengan berkembangnya pasar modern, dan kurangnya fasilitas yang memadai di pasar rakyat dikhawatirkan keberadaan pasar rakyat semakin sepi, dan kalah bersaing dengan pasar modern. Alhamdulillah di Kota Solok dengan diresmikannya pasar Abdurahman Bin Auf pasar rakyat kini telah memiliki fasilitas yang jauh lebih baik dan mampu bersaing dengan pasar modern,” sampai Bujang Putra

Lebih lanjut untuk kondisi saat ini, Bujang Putra putra memaparkan sarana yang ada di Pasar Abdurahman Bin Auf yaitu sebanyak 35 Kios dan 128 meja. Pasar ini dikelola dengan pola syariah, dengan harga murah, bersih serta pedagang yang ramah.

Keberadan Pasar Syariah Abdurrahman Bin Auf merupakan mimpi masyarakat Kota Solok yang menjadi kenyataan. Seperti yang disampaikan oleh salah seorang tokoh masyarakat Kota Solok, Ketua LKAAM Solok H. Rusli.

“…. Bilo lah kito dapek pasar rakyat kato masyarakat, Alhamdulillah impian itu baru terwujud di masa kepemimpinan Bapak Zul Elfian dengan Bapak Reiner, terimakasih Pak. Dengan diresmikan pasar Abdurrahman Bin Auf Kota Solok semakin berkembang, dan pada seluruh pedagang mari kita pelihara pasar syariah kita ini dengan baik,” sampai H. Rusli dengan penuh rasa syukur

Sementara itu Kepala Disperindag Provinsi Sumatera Barat, Asben Hendri manyampaikan keberadaan Pasar Abdurrahman Bin Auf memudahkan kita dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“jika selama ini sebagian besar pedagang berkumpul di Pasar Raya Solok, sekarang kita bisa menata dan mengatur kembali dengan semangat baru dan konsep Syariah,” Ucap Asben Hendri

Walikota Solok dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur atas keberadaan Pasar Syariah Abdurrahman Bin Auf. “Alhamdulillah berkat bantuan pemerintah pusat kita mendapatkan paket DAK pasar rakyat dalam beberapa tahun, dan Alhamdulillah tahun kemarin berhasil kita selesaikan pembangunannya dan pada tahun ini kita rencanakan pemanfaatannya,” sampai Walikota.

“Keberadaan Pasar Rakyat Abdurrahman Bin Auf memang sangat dibutuhkan keberadannya, karena pasar yang ada tidak lagi mampu menampung masyarakat kita, harus kita pecah konsentrasinya karena kita khawatir sudah tidak aman dan nyaman lagi apalagi dalam suasana wabah Covid ini akan sangat gampang sekali penularannya,” lanjut Walikota.

Kalau selama ini kesan pasar rakyat itu kotor dan sebagainya tetapi sekarang dengan keberadaan Pasar Abdurrahman Bin Auf semua telah berganti dengan bersih, nyaman dan sekelas dengan pasar modern,” ujar Walikota.

Walikota Juga menjelaskan kenapa nama pasar rakyat ini adalah pasar Abdurrahman Bin Auf. Abdurrahman Bin Auf adalah salah seorang sahabat nabi yang masuk kedalam 10 orang yang dijamin masuk Surga. Selain dikenal akan ketaatannya Abdurrahaman Bin Auf juga dikenal sebagai saudagar kaya raya yang sangat dermawan, jujur dan menghabiskan hartanya di jalan Allah. Ketokohan Abdurrahman Bin Auf inilah yang menjadi inspirasi pemberian nama pasar rakyat syariah di Kota Solok.

Setelah penandatanganan prasasti, acara peresmian dilanjutkan dengan pengguntingan pita. Seterusnya para undangan diberi kesempatan untuk berbelanja di Pasar rakyat dengan lebih dahulu menukarkan voucher serta koin yang telah disediakan panitia. (Eg)

Tags: , , , , , ,