Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Peringatan Hari AIDS Sedunia, DPPKB Berikan Edukasi kepada Generasi Muda Kota Solok

Peringatan Hari AIDS Sedunia, DPPKB Berikan Edukasi kepada Generasi Muda Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia (World AIDS Day), Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) bersama BKKBN Provinsi Sumatera Barat selenggarakan rangkaian kegiatan jalan sehat, senam bersama serta pemberian edukasi HIV/AIDS sejak dini kepada para remaja.

Acara peringatan Hari AIDS Sedunia ini dibuka langsung oleh Wakil Walikota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra, dan turut dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Fatmawati, ST, M.Eng, serta dokter speliasis Obgyn, dr. Yufi Permana, M.Ked (OG), Sp.OG selaku tim ahli pemateri, bertempat di halaman kantor bersama Satpol PP dan Disdukcapil Kota Solok, Sabtu (2/12).

Dalam sambutannya, Wawako Ramadhani menyampaikan bahwa Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember setiap tahunnya bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya pengetahuan penanggulangan HIV/AIDS di seluruh lapisan masyarakat.

Dhani menambahkan bahwa masalah HIV/AIDS bukan hanya akan menjadi masalah bagi penderitanya, namun juga akan berdampak kepada kehidupan sosial keluarga penderita dengan lingkungan disekitarnya sehingga perhatian dari seluruh lapisan masyarakat dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS menjadi sangat penting.

“Peringatan hari HIV/AIDS ini bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan peran aktif masyarakat agar tidak lagi menstigma dan mendiskriminasi Orang dengan HIV-AIDS (ODHA). Penderita AIDS jangan dikucilkan, tapi perlu didukung, agar bisa hidup normal sekaligus menjadi bagian dari komunitas yang peduli untuk mencegah penyebaran virus berbahaya ini,” ajak Wawako.

Pada kesempatan ini, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Fatmawati, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kota Solok yang telah memfasilitasi dan mendukung terlaksananya upaya-upaya preventif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terutama remaja tentang HIV/AIDS.

Edukasi yang tepat dapat menambah pengetahuan masyarakat terkait cara penularan virus, pencegahan, pengobatan serta membantu mengurangi stigmatisasi serta diskriminasi masyarakat terhadap orang dengan HIV/AIDS ini.

Fatmawati juga menambahkan bahwa peringatan ini bertujuan untuk mendorong pemerintah, organisasi kesehatan, dan individu untuk mengambil langkah-langkah konkrit dalam mengatasi tantangan terkait dengan HIV/AIDS yang mencakup peningkatan akses ke layanan kesehatan, peningkatan dukungan sosial, dan perubahan kebijakan yang mendukung upaya pencegahan dan pengobatan. 

“Hari AIDS Sedunia juga merupakan kesempatan untuk menggalang dukungan dan sumber daya dalam upaya pencegahan, pengobatan, dan dukungan kepada mereka yang terkena dampak. Hal ini dapat mencakup kampanye penggalangan dana, pengumpulan sumbangan, dan partisipasi aktif dari organisasi masyarakat, pemerintah, dan sektor swasta”, tutup Fatmawati.

Pada acara ini, dr. Yufi Permana, M.Ked (OG), Sp.OG selaku pemateri dan motivator menghimbau kepada para remaja untuk bisa mempersiapkan diri sedari dini dengan sebaik-baiknya melalui penerapan pola hidup sehat, konsumsi gizi seimbang serta rajin menimum tablet tambah darah untuk menjaga kadar hb sehingga ketika usia ideal menikah nantinya para remaja yang akan menjadi calon pengantin ini mampu untuk melahirkan generasi yang berkualitas, bebas stunting, cerdas, dan berakhlak.

“Diharapkan dengan adanya generasi berencana (GenRe) yang rajin belajar, rajin bekerja, rajin berkarya, berpikiran positif, menjaga lingkungan, menjauhi HIV/AIDS dan Narkoba maka kita akan meningkatkan kualitas suatu bangsa ke depannya,” pungkas dr. Yufi.

Rangkaian acara peringatan World AIDS Day 2023 ini dimulai dengan jalan sehat, senam bersama, serta pelepasan balon secara serentak oleh Wakil Walikota Solok, Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat beserta seluruh tamu undangan yang hadir.

Adapun acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan flashmob dari Forum Generasi Berencana (GenRe) Kota Solok, pemberian materi edukasi terkait HIV/ AIDS serta pembagian doorprize kepada tamu undangan dan peserta yang hadir. (orn/r)

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan