Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

26 Mei 2024

Peringatan Hari Ibu ke- 94 di Kota Solok: Perempuan Berdaya, Indonesia Maju

Peringatan Hari Ibu ke- 94 di Kota Solok: Perempuan Berdaya, Indonesia Maju

Solok, (InfoPublikSolok) – Peringatan Hari Ibu ke-94 di Kota Solok dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti seminar, pertunjukan seni dan pameran produk UMKM Kota Solok. Rangkaian acara peringatan Hari Ibu di Kota Solok dipusatkan di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Selasa (20/12).

Peringatan Hari Ibu diawali dengan seminar yang disampaikan oleh Dosen Sosiologi Universitas Negeri Padang, Dr. Desri Nora AN, M.Pd. Dalam materinya Ia menyampaikan perempuan mempunyai peranan dan kedudukan penting dalam kehidupan manusia. Untuk itu keberadaan perempuan sebagai ibu seharusnya mendapatkan tempat yang istimewa. Desri Nora menambahkan dalam agama Islam mempunyai derajat yang tinggi kedudukannya, sehingga setiap anak harus menghormati ibunya.

Pentingnya keberadaan perempuan juga disampaikan pemateri dengan menyampaikan sebuah idiom mengenai pengaruh perempuan terhadap ketahanan suatu bangsa.

“Jika kamu mau meruntuhkan suatu negara, runtuhkan dulu perempuan begitu sebaliknya jika memajukan suatu negara maka muliakan perempuannya,” tuturnya.

Selanjutnya, pengajar dari UNP ini menyampaikan di era Revolusi Industri 4.0 sudah banyak perempuan yang mempunyai kedudukan dan peran yang cukup baik di berbagai tempat strategis.

“Perempuan sebenarnya mempunyai kemampuan seperti kaum laki-laki, sehingga tidak sewajarnya apabila keberadaan perempuan tidak diakomodir,” tambah Desri.

Menurut Desri, perempuan tidak selalu posisinya harus ada di kasur, sumur dan dapur. Perempuan bisa lebih jauh dari itu, dikarenakan perempuan juga memiliki kapasitas untuk menduduki jabatan penting. Namun ketika sudah mempunyai kedudukan di bidang lain, bukan berarti perempuan meninggalkan perannya sebagai seorang ibu dan istri.

Sementara itu ketua pelaksana Peringatan Hari Ibu sekaligus Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Solok, Ny. Dona Ramadhani Kirana Putra menyampaikan maksud pelaksanaan kegiatan ini untuk mewariskan nilai luhur dan semangat perjuangan perempuan bagi generasi penerus.

“Kegiatan ini juga bertujuan, untuk meningkatkan peran perempuan Indonesia di segala aspek kehidupan dengan jumlah peserta lebih kurang 500 urang,” sampai Dona Ramadhani.

Dona juga mengungkapkan bahwa Ibu mempunyai peran penting dalam keluarga, apabila seorang ibu bahagia maka bahagialah sebuah keluarga dan menciptakan suasana surga dalam keluarga. Selanjutnya untuk menciptakan keluarga yang baik membutuhkan kerjasama yang baik antara suami dan istri.

Wakil Walikota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra, SE. MM yang turut menghadiri peringatan Hari Ibu ke-49 dalam arahannya menyampaikan untuk menjadikan peringahat hari ibu, sebagai momentum untuk evaluasi diri dan menyadari secara bersama sama akan besarnya peran seorang Ibu.

Menurut Wawako, saat ini peran ibu tidak hanya dirumah saja, namun banyak posisi strategis bisa dicapai kaum ibu, tanpa meninggalkan kewajiban mengurus keluarga.

“Di Kota Solok, banyak posisi strategis yang diisi oleh kaum ibu, jabatan-jabatan struktural banyak diduduki oleh kaum perempuan,” tutur Wawako.

Dalam hal meningkatkan kualitas pembangunan di Kota Solok, perlu dilakukan kerjasama dan kolaborasi semua pihak. Termasuk peran Ibu yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan Sumber daya manusia.

“Ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya, peran Ibu sangat penting dalam mendorong kemajuan SDM Kota Solok kedepannya,” sebut Ramadhani.

Peringatan Hari Ibu ke-94 juga dihadiri oleh Forkompimda, Kepala OPD terkait, Ketua dan anggota dari berbagai organisasi wanita yang ada di Kota Solok. (Sfg)

Tags: , ,

No Responses

Comments are closed.