Peringatan Hari Kartini ke-140 dan HKG PKK ke-47 di Kota Solok

Peringatan Hari Kartini ke-140 dan HKG PKK ke-47 di Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Walikota Solok diwakili oleh Sekreatris Daerah, Rusdianto, menghadiri acara Peringatan Hari Kartini ke-140 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-47 yang dilaksanakan di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Selasa (23/4/2019). Peringatan ini juga dilaksanakan Seminar Penguatan Kepribadian Perempuan dan Lomba Pidato.

Turut hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, DPRD, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Solok, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, Ketua DWP, Ketua KAN, LKAAM, MUI Kota Solok dan undangan lainnya.

Acara yang dibuka dengan pemotongan tumpeng oleh Sekretaris Daerah ini mengusung tema ‘Perkuat Advokasi dan Aksi Nyata untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Formal Perempuan’.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah menyampaikan kaum perempuan Kota Solok harus mampu tampil dan membuktikan diri dengan kemampuannya. Memberikan sumbangsih nyata. Tidak malu apalagi takut untuk tampil ke depan. Menjadi inspirator dan motivator, terutama untuk sesama perempuan.

Sekda juga mengajak kaum perempuan Kota Solok agar tidak lupa tugasnya dalam membina keluarga, mendidik keluarga, dimana hal ini sesuai dengan tujuan dari Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK untuk mensejahterakan keluarga melalui Pola Asuh Anak dan peningkatan ekonomi keluarga guna mengentaskan kemiskinan.

Selanjutnya, sambutan Ketua TP-PKK Kota Solok yang diwakili oleh Wakil Ketua IV Ny. Eli Umar Rivai menyampaikan Peringatan Hari Kartini kali ini sekaligus dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47, dimana PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) begitu banyak berperan dalam mendukung program peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat, terutama dalam pengentasan kemiskinan melalui peningkatan ketrampilan masyarakat.

Ny. Eli Umar juga mengajak kaum perempuan untuk menghayati multi perannya, baik sebagai ibu dari anak, pendamping suami dan sebagai anggota masyarakat.

“Kaum ibu hendaknya dapat berperan aktif dalam mengangkat sumber daya yang kita miliki agar dapat meningkatkan kualitas hidup yang bermanfat bagi kita, keluarga, masyarakat dan negara pada umumnya,” tuturnya.

Dalam rangkaian acara Peringatan Hari Kartini ini juga diadakan berbagai kegiatan yaitu seminar Penguatan Kepribadian Perempuan Dalam Organisasi dengan narasumber Dr. Sri Setyawati, MA, dosen Universitas Andalas Padang.

Narasumber menyampaikan, untuk meningkatkan kualitas organisasi harus diawali dengan meningkatkan kapasitas SDM dan diikuti dengan komitmen anggota.

Besarnya organisasi tidak menentukan kualitas sebuah organisasi, karena kualitas organisasi ditentukan oleh visi dan misi organisasi, kepemimpinan dan team work.

Selain melaksanakan seminar, juga diadakan lomba pidato yang diikuti oleh organisasi perempuan se-Kota Solok dengan Pemenang Pertama berasal dari Organisasi Bundo Kanduang, Juara Kedua dari Organisasi Salimah dan Juara Ketiga berasal dari HIMPAUDI.

Acara ditutup dengan penandatangan komitmen bersama (organisasi wanita) untuk melaksanakan sedekah seribu sehari. (as)

Tags: , , , , ,