Peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadan 1440 H

Peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadan 1440 H

Solok, (InfoPublikSolok) – Meski berlangsung sederhana namun penuh khidmat, acara Peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1440 H, dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Solok yang bertempat di MTsN Kota Solok, Selasa (21/5/2019).

Kegiatan ini dihadiri keluarga besar Kementerian Agama Kota Solok meliputi Madrasah dan KUA se-Kota Solok, Forkopimda serta perwakilan Ormas Islam di Kota Solok.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, Afrizen menyatakan sesuai edaran Menteri Agama RI, Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia berkoordinasi dengan MUI menggelar peringatan Nuzulul Quran secara serentak pada malam ini. Momentum peringatan Nuzulul Quran dengan tema ‘Kebersamaan dalam Keragaman’ ini, diharapkan semakin memantapkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya kerukunan dan persatuan dalam keberagaman.

“Allah SWT telah menciptakan kita beragam, untuk saling mengenal dan saling menghormati. Sebagai umat beragama, kita dituntut untuk bisa memahami keberagaman tersebut, sehingga tercipta kehidupan yang damai, rukun, dan tenteram,” tuturnya.

Berkaitan dengan bulan suci Ramadhan yang sudah memasuki pertengahan ini, Ia mengajak yang hadir untuk mempergiat ibadah dan amalan-amalan.

“Mari kita jadikan Al Qur’an sebagai pedoman dalam hidup dan kehidupan kita,” ajaknya.

Menurut Afrizen, dengan memperingati Nuzulul Quran diharapkan agar kita semua bisa lebih meningkatkan Gemar dan Getar membaca Al-Quran, dan dapat mengaplikasikan isi kandungan dari Al-Quran serta untuk mendapatkan barokah, hikmah serta rahmat Ramadhan Pada Tahun ini.

Sementara itu Oma Fahmi, S.Ag selaku penceramah yang diundang, dalam tausiyahnya menyampaikan uraian hikmah diturunkannya Al Qur’an kepada umat manusia. Ia juga menceritakan kisah-kisah teladan dari Rasulullah SAW, kesabarannya dalam menghadapi ujian. Alqur’an sebagai petunjuk bagi manusia yang harus dibaca, sehingga kita mengetahui apa makna yang terkandung di dalamnya.

“Termasuk ketika menghadapi problem dan masing-masing problem yang kita hadapi tentu berbeda, semuanya kita hadapi dengan sabar dan sholat, apalagi beribadah di bulan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Segala do’a orang yang sedang dalam keadaan berpuasa lebih cepat dikabulkan Allah SWT,” ujarnya

Peringatan Nuzulul Quran ini diakhiri dengan berbuka puasa bersama bersama dan sholat magrib berjamaah. (hd)

Tags: , , , , ,