Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H Dimeriahkan Pawai Obor

Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H Dimeriahkan Pawai Obor

Solok, (InfoPublikSolok) – Wakil Wali Kota Solok Reinier, secara resmi melepas peserta pawai obor dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah, bertempat di Sport Hall Tanjung Paku yang juga sebagai Kantor Dispora Kota Solok, Sabtu (31/8). Jambore Pemuda Islam (JPI) ini merupakan tahun kedua yang diselenggarakan oleh Dispora Kota Solok.

Pawai Obor ini merupakan puncak kegiatan dari Jambore Pemuda Islam (JPI) yang diselenggarakan oleh Dispora yang ikuti oleh pemuda yang berasal dari perwakilan remaja mesjid, pemuda/i kelurahan dan organisasi kepemudaan yang berjumlah 130 orang.

Kegiatan Jambore Pemuda Islam (JPU) ini dipusatkan di Taman Kitiran, Kelurahan Tanjung Paku berlangsung selama 4 hari dari tanggal 29 Agustus s/d 01 September 2019, mengambil tema “Meneguhkan Komitmen Pemuda  Islam Dalam Spirit SDM Unggul Indonesia Maju di Kota Solok.

Pawai Obor ini juga dihadiri oleh anggota DPRD Kota Solok Nasril In Dt.Malintang, Ketua LKAAM Kota Solok H. Rusli Khatib Sulaiman, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok Drs. Dodi Osmond, para kepala OPD, Camat dan Lurah serta ratusan peserta pawai obor.

Dodi Osmond dalam laporannya menyebutkan, kegiatan pawai obor ini salah satu cara mengalihkan para pemuda Kota Solok yang selama ini menyambut datangnya tahun baru masehi ke tahun baru Hijriyah/ Islam.

Kita tahu pemuda/i kita selama ini banyak yang tidak tahu tentang tahun baru islam. Mereka hanya tahu tahun baru masehi. Ini merupakan hal yang keliru yang harus di rubah bagi pemuda kita.” kata Kadispora.

Pawai obor ini juga diikuti sebanyak 130 pemuda perwakilan seluruh kelurahan, yang sudah diberi pelatihan tentang kepemudaan Islam. Pemuda yang diberi pelatihan tersebut diharapkan dapat menularkan ke pemuda lainnya agar menjadi pemuda Islam Kota Solok yang tangguh, berwawasan dan berkreativitas ke depannya.

Sementara itu, Wawako mengungkapkan apresiasi dan rasa bangga karena semakin banyak kegiatan keagamaan yang dilakukan di Kota Solok. Kegiatan ini tentunya demi mewujudkan keinginan kita bersama menjadikan Solok Kota Beras Serambi Madinah.

“Kedepannya, kegiatan bernafaskan islami akan semakin gencar kita lakukan. Ini juga merupakan salah satu cara memberantas perilaku negatif remaja dan penyalahgunaan Narkoba,” sampai Reinier.

Reinier dalam kesempatan itu juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Kota Solok untuk menyambut tahun baru 1441 Hijriyah dengan meriah. “Mengawali datangnya tahun baru islam, marilah niatkan diri untuk hijrah dari kegelapan agar bisa meraih cahaya Islami. Selamat Tahun Baru Islam 1441 H. Semoga tahun ini kita bisa meraih kesuksesan,” tutup Reinier. (ep)

Tags: , , , , ,