Peringati Hari Pahlawan, Menkominfo: Jadikan Inspirasi Berjuang Atasi Permasalahan Bangsa

Peringati Hari Pahlawan, Menkominfo: Jadikan Inspirasi Berjuang Atasi Permasalahan Bangsa

Jakarta, (Info Publik Solok) – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendorong seluruh bangsa Indonesia untuk menjadikan semangat pahlawan sebagai inspirasi dan motivasi guna meneruskan perjuangan para pahlawan dalam menghadapi persoalan bangsa. 

“Sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa”apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat mengiinspirasi dan memotivasi semua elemen anak bangsa untuk meneruskan perjuangan para pahlawan,” ujarnya saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (10/11/2020).

Menurut Menteri Johnny, Hari Pahlawan tidak sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja. Lebih dari  itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa.

“Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 ini yang saat ini melanda dunia,” ujarnya. 

Meskipun di tengah pandemi Covid-19, Menteri Kominfo berharap peringatan Hari Pahlawan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Upacara bendera dan mengheningkan  cipta selama 60 detik untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November berjalan khidmat, meskipun di tengah masa pandemi Covid-19 dengan jumlah peserta  yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan.

“Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk membuka kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa,” harapnya.

Tumbuhkan Nilai Kepahlawanan

Menurut Menteri Johnny, nilai-nilai kepahlawanan seperti Percaya Kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu dan bergotong royong perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia. 

“Semangat kepahlawanan yang terus menyala dapat dijadikan  sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa ini. Yakinlah, apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut, maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa,” jelasnya.

Menteri Kominfo juga mengajak seluruh masyarakat untuk menunjukkan kontribusi kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

“Pada kesempatan ini, saya menghimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 sebagai salah satu bentuk penghargaan kita terhadap jasa para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Father kita Soekarno, yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar,” ujarnya.

Menteri Kominfo kemudian mengajak seluruh masyarakat untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun Negeri, “Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini,” ungkapnya. 

Menteri Kominfo meyakini bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing dan penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia, “Selamat Hari Pahlawan Tahun 2002, Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan bimbingan dan kekuatannya kepada Bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Tags: , , , , , , ,