Perkuat Identitas Daerah, Solok Gelar Festival Serambi Madinah

Perkuat Identitas Daerah, Solok Gelar Festival Serambi Madinah

Solok (InfoPublikSolok) – Pertama kalinya Kota Solok menggelar Festival  Serambi Madinah, yang dilaksanakan selama empat hari, mulai tanggal 1 hingga 4 Oktober 2018. Festival ini diikuti oleh kabupaten/ kota se-Sumatera Barat serta perwakilan dari daerah tetangga Provinsi Riau dan Jambi.

Festival Serambi Madinah ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkuat karakter identitas Kota Solok Serambi Madinah sehingga diharapkan melalui kegiatan ini nilai nilai agamis Serambi Madinah melekat dalam hati dan pikiran masyarakat Solok serta dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan khususnya di bidang keagamaan.

Festival Serambi Madinah dibuka secara resmi oleh Walikota Solok yang diwakili oleh Wakil Walikota Solok Reiner, ST. MM Dalam sambutannya Wawako mengatakan, “Kegiatan festival ini pertama kali dihelat tahun pada tahun ini,  dan ini menjadi kehormatan tersendiri bagi Solok untuk menyelenggarakannya sehingga diharapkan mampu memiliki daya tarik sekaligus ajang promosi bagi tiap daerah  yang menjadi peserta dalam event ini.  Melalui kegiatan ini diharapkan semakin memperindah hubungan kekeluargaan dan memperkuat tali persaudaraan antar daerah  se-Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Jambi,” tutur Reinier saat pembukaan acara.

Bagi masyarakat Kota Solok sendiri, Festival Serambi Madinah memiliki arti sendiri dalam ikut berpartisipasi mendukung eksistensi Kota Solok selaku Kota Beras Serambi Madinah. Diharapkan melalui kegiatan ini menjadi momentum strategis dalam mewarnai pembangunan sehingga muncul perilaku serta nilai-nilai Qur’ani dalam setiap sendi kehidupan masyarakat Solok, sesuai perwujudan visi-misi Kota Solok dalam rangka meningkatkan kualitas tatanan kehidupan masyarakat yang beriman dan bertaqwa.

Tampak hadir dalam pembukaan Festival  Serambi Madinah ini,  Perwakilan dari DPD RI, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Kepala Bidang Pakis H. Kardinal, Anggota DPRD Solok, Sekretaris Daerah, Rusdianto, S.IP, MM, Asisten II,  LKAAM, Bundo Kandung dan Kepala Kantor Kemenag Kota Solok serta Ketua MUI Kota Solok,

Ketua Panitia, Jefrizal, S.Pt, MT menyampaikan bahwa, “Tujuan dari festival ini selain sebagai bagian dari Syiar Islam juga sebagai upaya nyata dalam memperkuat karakter dan identitas daerah. Ini juga sebagai ajang persiapan Kota Solok   yang akan menjadi tuan rumah dalam event akbar MTQ ke 38 tahun 2019. Selain itu sebagai ajang silaturrahmi promosi daerah, serta demi menumbuhkan minat dan motivasi generasi muda terhadap potensi yang dimiliki terutama dalam bidang keagamaan.” Jelasnya.

Adapun cabang yang diperlombakan pada Festival  Serambi Madinah antara lain Tahfidz Hadist (maks. 16 tahun),  Pidato Cilik (13 tahun) dan Bintang Qasidah (35 tahun). Semuanya ini akan digelar di dua lokasi yaitu Mesjid Agung Al-Muhsinin dan Gedung Kubuang tigo baleh. Pada pembukaan seluruh peserta mendapatkan hiburan berupa Tari kolosal manjampuik nan tingga dari sanggar Lubuk Nan Tigo. (bb)

 

Tags: , , , , ,