Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Perkumpulan Masyarakat Pecinta Kerajinan dan Kuliner Ikuti Pelatihan Pengolahan VCO

Perkumpulan Masyarakat Pecinta Kerajinan dan Kuliner Ikuti Pelatihan Pengolahan VCO

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka menumbuhkan Industri Kecil Menengah (IKM), Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, dan  Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) mengadakan pelatihan pengolahan minyak buah kelapa atau Virgin Coconut Oil (VCO) dengan peserta berasal dari kelompok Perkumpulan Mayarakat Pecinta Kerajinan dan Kuliner (PMPKK) sebanyak 30 orang.

Pelatihan ini dilaksanakan di rumah produksi VCO di Kelurahan Tanah Garam selama empat hari dari tanggal 21 s/d 24 November 2023, mendatangkan instruktur pelaku usaha VCO dari Kabupaten Padang Pariaman.

Pembukaan pelatihan ini juga dihadiri oleh Kapolres Solok Kota AKBP. Ahmad Fadilan serta dibuka oleh Kepala DPKUKM, Zulferi, didampingi oleh Kabid Koperasi Industri dan UKM, Dody Amril.

Kepala DPKUM, Zulferi mengatakan VCO memiliki nilai jual yang tinggi dan banyak sekali manfaat untuk tubuh. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan baru.

“Memang akan membutuhkan waktu agar produk tersebut dikenal luas, maka dari itu DPKUKM siap membantu terkait legalitas agar konsumen lebih percaya dengan keamanan dari produk VCO,” katanya.

Virgin Coconut Oil adalah minyak yang diperoleh dari daging buah kelapa tua yang segar, diproses dengan diperas dengan atau tanpa penambahan air, tanpa pemanasan atau pemanasan tidak lebih dari 60°C.

Dari materi yang disampaikan narasumber, pengolahan tersebut tidak menggunakan bahan kimia maupun bahan tambahan lainnya prosesnya dari penghalusan daging kelapa, setelah itu pemerasan agar didapat santan, kemudian santan tersebut dibekukan menggunakan es agar minyak tepisah dengan ampas.

Setelah dibekukan, lalu direbus agar mencair, tunggu beberapa menit, setelah mencair masukan ke mesin sentrifugal (mesin putar) untuk memisahkan kembali minyak dengan ampas yang terbawa. Setalah terpisah saring kembali minyak tersebut mengunakan kertas saring

Keterangan dari narasumber, penyaringan bisanya dilakukan 4 hingga 6 kali agar mendapat hasil maksimal dan VCO lebih jernih. Apabila telah menghasilkan kristal atau buih kecil ketika VCO diguncang, maka produk tersebut telah bisa digunakan. (ro/r)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan