Perpustakaan Umum Kota Solok Terima Kunjungan PAUD Shangrida

Perpustakaan Umum Kota Solok Terima Kunjungan PAUD Shangrida

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok terima kunjungan rombongan murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Shangrida yang terdiri dari 15 orang murid dan 3 orang guru pendamping pada Jum’at, (1/2/2019), bertempat di ruangan baca anak perpustakaan Kota Solok.

Kedatangan rombongan langsung disambut oleh Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Sri Ramadhia Hasni, A.Md.

Sri Ramadhia Hasni mengatakan kegiatan tersebut sengaja dipilih untuk membuat anak tertarik ke perpustakaan, karena semakin dini anak dikenalkan ke perpustakaan akan menumbuhkan minat baca pada anak.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembelajaran di luar kelas, dan kali ini tentang pengenalan buku kepada anak usia dini. Namun, sebelum itu diawali dengan mendengarkan cerita kepada anak dilanjutkan menonton TV,” jelasnya

Lebih lanjut Sri Ramadhia Hasni mengatakan, kebiasaan membaca tidak datang secara tiba-tiba, maka untuk itu kita harus mengenalkan buku pada anak sejak usia dini. Anak-anak yang tumbuh dengan buku di sekitarnya akan punya kebiasaan membaca yang lebih baik. Oleh karena itu, mengenalkan dunia buku pada anak pun tidak boleh setengah-setengah. Harus telaten dan rutin.

Salah seorang guru pendamping, Ridha Andayani mengajak anak didiknya ke perpustakaan merupakan studi pengenalan perpustakaan dan buku kepada anak sejak dini, agar mereka mengetahui apa isi dari perpustakaan.

“Meski masih banyak yang anak-anak yang belum bisa membaca, tapi anak-anak usia dini ini mulai diperkenalkan apa sih perpustakaan, apa aja yang ada di dalamnya,” katanya disela aktivitasnya saat ditemui di Ruangan Baca Anak Perpustakaan Umum Kota Solok.

Menurutnya, mengenalkan dan melihat apa isi buku dan permainan akan meningkatkan dan mendorong kreativitas anak untuk menyukai ataupun menarik minat dalam membaca buku.

“Antusias anak-anak saat di perpustakaan sangat menyenangkan dengan beragam ekspresi dari mereka. Setelah selesai ke perpustakaan kami berpesan pada mereka untuk mengajak lagi ke perpustakaan bersama ayah atau ibunya kelak,” tutup Ridha. (kd)

Tags: ,