Persiapan LKPD 2021, BKD Gelar Coaching Clinic Penyusunan Laporan Keuangan 2021

Persiapan LKPD 2021, BKD Gelar Coaching Clinic Penyusunan Laporan Keuangan 2021

Padang, (InfoPublikSolok)- Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Solok menggelar kegiatan Coaching clinic/ asistensi penyusunan laporan keuangan 2021 dengan menggunakan SIMDA Keuangan di Aula Badan Pengawas Keuangan dan Perencanaan (BPKP) Provinsi Sumatera Barat di Padang, Selasa-Kamis (23-25/11/2021).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala BKD Kota Solok Novirna Hendayani, SE. M.Si Akt yang didampingi oleh Perwakilan dari BPKP, Riyandi (Kepala Bidang Investigasi), Para Pendamping dari BPKP serta para peserta sebanyak 80 orang yang terdiri dari Kasubag Keuangan/ PPK SKPD beserta staf Penyusun Laporan Keuangan.

Kepala BKD Kota Solok, Novirna Hendayani dalam sambutannya menyampaikan, penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Solok yang selama ini dilakukan secara manual, dan mulai tahun 2021 penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Solok akan menggunakan aplikasi SIMDA yang telah disesuaikan dengan Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 yang merubah lampiran dari Permendagri 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah.

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah merupakan hasil konsolidasi laporan keuangan OPD. Penyelenggaraan kegiatan asistensi ini dimulai dengan meng-entri saldo awal laporan keuangan OPD Tahun 2021 yaitu Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas dan Neraca.

“Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan asistensi penyusunan laporan keuangan ini adalah Laporan Keuangan masing-masing OPD per Triwulan III Tahun 2021 telah dapat dihasilkan sehingga pada bulan Januari 2021 kita hanya tinggal menyesuaikan dengan keadaan Triwulan IV dan Laporan Keuangan OPD per 31 Desember 2021 selesai, dengan demikian Laporan Keuangan OPD dapat disampaikan tepat waktu, sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan,” jelas Novirna. (zn)

Tags: ,