Pertama Untuk Tingkat SMA, SMAN 2 Wisuda 34 Siswa Program Tahfidz

Pertama Untuk Tingkat SMA, SMAN 2 Wisuda 34 Siswa Program Tahfidz

Solok, (InfoPublikSolok) – Sesuai dengan Visi SMAN 2 Solok ‘Unggul dalam Spiritual Emosional dan Intelektual serta Berwawasan Lingkungan’, SMAN 2 Kota Solok sejak tahun 2013 telah mempunyai program unggulan dalam bidang keagamaan yakninya program Tahfidz Al Qur’an.

Program Tahfidz Al Qur’an ini wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI dan XII. Ada program regular yang wajib diikuti oleh seluruh siswa dan ada program tahfidz prestasi yang diikuti oleh siswa yang memiliki kemampuan lebih dalam menghafal AlQur’an.

Target yang diharapkan dari program ini adalah siswa mampu menghafal Al Qur’an Juz ke-30 dengan bacaan yang bagus disertai tajwid yang benar serta hafal lebih dari 1 Juz bagi siswa yang mengikuti program tahfidz prestasi.

Selain itu, menyelesaikan hafalan juz ke-30 merupakan salah satu syarat kelulusan siswa kelas XII yang dituangkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMAN 2 Kota Solok.

Hal ini dilakukan agar siswa SMAN 2 Kota Solok memiliki motivasi yang tinggi untuk membaca dan menghafal Al-Qur’an serta mencintai Al Qur’an dan pada akhirnya mereka diharapkan dapat bertindak dan berperilaku sesuai dengan tuntunan  Al Qur’an.

Maka dari itu, untuk pertama kalinya SMAN 2 Kota Solok melakukan perhelatan wisuda tahfidz Al Qur’an kepada siswanya. Wisuda perdana ini merupakan salah satu bentuk penghargaan sekolah kepada siswa yang mampu menyelesaikan target hafalan selama menjadi siswa SMAN 2 Solok.

Wisuda Tahfidz Alqur’an ini dilaksanakan pada hari Selasa (9/4/2019) bersamaan dengan acara pelepasan siswa kelas XII dalam acara penampilan bakat dan kreatifitas siswa SMAN 2.

Wisuda Tahfidz ini diikuti oleh 34 orang siswa dengan rincian 23 orang siswa kelas XII yang telah menyelesaikan hafalan juz ke-30 (1 Juz) dengan hafalan yang betul-betul lancar dan 11 orang siswa kelas X dan XI yang merupakan siswa program tahfidz prestasi. Diantara 11 siswa program tahfidz prestasi ini ada 6 orang siswa yang memiliki hafalan lebih dari 1 Juz.

“Visi SMAN 2 Solok bukan hanya melahirkan anak yang cerdas dalam bidang akademik namun lebih dari itu juga untuk melahirkan anak yang cerdas spiritual dan sukses untuk urusan akhirat,” demikian sambutan Kepala SMAN 2 Kota Solok, Ujang Sayuti, M.Pd  pada acara wisuda Tahfidz tersebut.

“Para penghafal Al Qur’an ini telah dijanjikan Allah sukses dunia dan Akhirat,” lanjutnya di depan orangtua siswa yang turut hadir dalam acara tersebut.

Semoga di tahun-tahun berikutnya SMAN 2 Solok dapat melahirkan banyak hafidz dan hafidzah yang memiliki hafalan AlQur’an yang mutqin. (tn)

Tags: , , , ,