Pesantren Ramadan SMKN 1 : Membentuk Generasi Milenial Islam Berakhlakul Karimah

Pesantren Ramadan SMKN 1 : Membentuk Generasi Milenial Islam Berakhlakul Karimah

Solok, (InfoPublikSolok) – “Melalui Pesantren Ramadhan 1440 H Kita Bentuk Generasi Milenial Islam Sumatera Barat yang Berakhlakul Karimah”.

Kalimat tersebut merupakan tema dari kegiatan pesantren Ramadhan yang sedang berlangsung di SMKN 1 Solok dari tanggal 20 s/d 29 Mei 2019 yang akan datang. Kegiatan ini dilaksanakan setelah menyelesaikan ujian akhir semester genap tahun pelajaran 2018/2019.

Kegiatan pesantren ramadhan ini masih merupakan rangkaian pelaksanaan proses belajar dan mengajar di sekolah, sehingga seluruh siswa dan guru wajib mengikuti dan melaksanakan pesantren ramadhan di lingkungan sekolah masing-masing.

“Pesantren Ramadhan merupakan agenda rutin SMKN 1 Solok setiap tahun walaupun tidak diinstruksikan pelaksanaannya oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat,” ujar Siska, S.Pd.I selaku Ketua Panitia kegiatan pada saat pembukaan, Senin (20/5).

Kegiatan yang berlangsung selama sembilan hari tersebut dilaksanakan di Aula Solok Sakato SMKN 1 Solok dengan menghadirkan pemateri dari kalangan pemuka agama serta pemuka adat yang ada di Kota Solok.

Kepala SMKN 1 Solok, Efizal Arifin mengatakan, tujuan sekolah melaksanakan kegiatan pesantren ramadhan ini adalah untuk melatih, mengajarkan, menanamkan dan mengingatkan kembali kepada seluruh warga sekolah tentang nilai-nilai ajaran agama yang benar serta nilai-nilai adat istiadat budaya minangkabau yang sudah mulai luntur bahkan hilang dalam kehidupan sehari-hari.

Pelaksanaan selama sembilan hari ini dibagi menjadi dua kelompok siswa dan guru. Kelompok pertama tanggal 20 s/d 23 Mei untuk siswa-siswi kelas X (tingkat 1) dan untuk guru dibagi menjadi dua kelompok juga sebagai guru pendampingnya. Berikutnya siswa-siswi kelas XI akan melaksanakan pesantren ramadhan tersebut pada tanggal 24 s/d. 29 Mei.

Dengan pembagian kelompok ini diharapkan seluruh siswa-siswi dan guru pendamping di SMKN 1 Solok benar-benar dapat mengikuti kegiatan ini dengan khidmat dan mengamalkan seluruh materi yang diajarkan oleh pemateri-pemateri hebat yang ada di Kota Solok dan sekitarnya. Sehingga terwujud harapan menjadikan Generasi Milenial Islam Sumatera Barat yang berakhlakul karimah. (as)

Tags: , , , , , ,