Peserta Diklatpim IV Pantau Lokasi PSC 119 SmashCares

Peserta Diklatpim IV Pantau Lokasi PSC 119 SmashCares

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan Kota Solok sambut kunjungan dari rombongan Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat  IV dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pekanbaru dalam rangka kegiatan Benchmarking ke best Practice pada Kamis (3/10/2019), di aula Dinas Kesehatan Kota Solok Jl. Syamsu Tulus Kel. Nan Balimo.

Kunjungan peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV ini berjumlah 9 orang yang disambut langsung oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Solok, Dessy Syafril, didampingi Kabid PPSDK, HiddayaturrahmI, serta Kepala Seksi Yankes (Pelayanan Kesehatan ) Ns. Hartini beserta staf, dan turut hadir petugas dari PSC 119 SmashCares.

Sri hartenti, Widyaswara Diklat PIM IV selaku Pendamping mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pembelajaran tentang inovasi yang ada di Kota Solok untuk peserta Diklat PIM IV Pekanbaru khususnya mengenai SmashCares 119, “Kami ingin melihat proses atau latar belakang munculnya inovasi ini sehingga bisa mengadopsi dalam pembuatan proyek perubahan,” ungkap Sri.

Adapun ekspose  yang disampaikan oleh Dessy Syafri, menerangkan tentang visi dan misi dari PSC 119 SmashCares dengan visi, terwujudnya penanggulangan masalah kegawat daruratan dan bencana di Kota Solok dengan mengoptimalkan sistem pelayanan terpadu, yang efektif dan efesien. Dengan misi, menggerakkan upaya penanggulangan yang lebih bernuansa pencegahan, kesiapsiagaan dari tanggap darurat sehari-hari maupun tanggap darurat bencana.

Misi selanjutnya, mendorong kemandirian masyarakat untuk lebih akrab dan tanggap pada penanganan terhadap kejadian kegawat daruratan sehari-hari maupun bencana, meningkatkan pelayanan kesehatan kegawat daruratan dan bencana yang bermutu, merata, terjangkau dan profesional, memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga, kelompok dan masyarakat beserta lingkungannya melalui upaya pemeliharaan yang mandiri, meningkatkan kemampuan SDM secara profesional dan Motto nya “melayani dengan Cerdas, Cermat dan Sepenuh Hati”.

Dessy Syafril  juga menjelaskan, jumlah anggota PCS 119 SmashCares terdiri dari Dokter Umum 6 orang, Paramedis 52 orang, Sopir 10 orang, Call Center 18 orang. Sarana dan prasarana yang dimiliki yaitu, ruangan khusus Call Center, mobil ambulan PSC 119 SmashCares 2 unit, VC sebanyak 2 unit bekerjasama dengan Telkom, HP Android, Laptop Operasional SmashCares, Printer dan alat-alat kesehatan (tensi meter, stetoskop, ambu bag, heating set, termometer, oksigen mobile, colar neck, minor set).

“Dengan ini kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan kesehatan kegawat daruratan sesuai standar operasional pelayanan yang telah ditetapkan dengan penuh tanggung jawab,” papar Dessy Syafril.

Setelah pertemuan tersebut peserta Benchmarking Diklat PIM IV dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan langsung turun ke lapangan untuk melihat lokasi PSC 119 SmashCares. (es)

Tags: , , , , , , , ,