Petani Milenial Kota Solok Ikuti Kegiatan Teknologi Pengolahan Pakan Ternak Berbasis Limbah Pertanian dan Perkebunan

Petani Milenial Kota Solok Ikuti Kegiatan Teknologi Pengolahan Pakan Ternak Berbasis Limbah Pertanian dan Perkebunan

Solok, (InfoPublikSolok) – Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Solok merupakan Perangkat Daerah yang menjalankan fungsi kelitbangan. Fungsi Kelitbangan berdasarkan Permendagri Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pedoman Umum Penelitian dan Pengembangan di Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah terdiri dari Kelitbangan Utama dan Pendukung.

Kelitbangan utama meliputi penelitian, pengkajian, pengembangan perekayasaan, penerapan, pengoperasian, dan evaluasi kebijakan yang menjadi dasar terciptanya inovasi dalam rangka mendukung kinerja penyelenggaraan Pemerintahan.

Inovasi teknologi pertanian berupaya untuk meningkatkan produksi pertanian, meminimalkan tenaga kerja dan mengurangi kehilangan produksi.

Sebagai rangkaian dari kegiatan Teknologi Pengolahan Pakan Ternak Berbasis Limbah Pertanian dan Perkebunan, kali ini, Pemko Solok melalui Balitbang Kota Solok melakukan penerapan pembuatan pakan ternak. Pembuatan pakan ternak dilaksanakan di salah satu rumah warga di Laing Pasir RT 001/ RW 01 Kelurahan Laing tepatnya di bawah Masjid Al Falah, Kamis (23/6).

Peserta berjumlah 15 orang yang berasal dari perwakilan masing-masing Kecamatan. Peserta juga didampingi oleh Penyuluh Pertanian dari Balai Penyuluh Pertanian Lubuk Sikarah dan Tanjung Harapan.

Sebelum melaksanakan praktik, mereka dibekali materi terlebih dahulu oleh narasumber. Bertindak selaku narasumber dalam kegiatan ini, Ratna Andam Dewi, S.Pt. (Peneliti Pertama) dan Ir. Harmaini (Penyuluh Pertanian Madya) dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Sumatera Barat.

Materi yang disampaikan oleh narasumber kali ini yaitu Pemanfaatan Pakan berbasis Sumber Daya Lokal dan Limbah Hasil Pertanian dan Perkebunan Lokal, Pemanfaatan Limbah Tanaman sebagai Pakan Sapi Potong dan Mengenal Jenis-jenis Hijauan Pakan Tenak.

Selanjutnya peserta melaksanakan praktik pembuatan pakan ternak melalui sumber daya lokal yang telah disiapkan dengan memanfaatkan limbah hasil pertanian dan perkebunan.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya yaitu tentang inovasi teknologi pakan ternak dan pembuatan mineral blok yang dilaksanakan di Aula Balitbang Kota Solok pada pertengahan Juni lalu yang dibuka langsung oleh Kepala Balitbang Kota Solok.

Peserta sebelumnya juga telah dibekali dengan materi tentang Inovasi Teknologi Pakan Sapi Potong, Pengelolaan Pakan Ternak Sapi, Garam Mineral Blok untuk Ternak Sapi.

Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan untuk satu kali pertemuan lagi pada minggu depan dengan materi yang berbeda. (dh)

Tags: ,