Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

PHBI Kota Solok Gelar Shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka, Minggu, 10 Juli 2022

PHBI Kota Solok Gelar Shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka, Minggu, 10 Juli 2022

Solok, (InfoPublikSolok) Pemerintah Kota Solok melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) memberitahukan bagi seluruh warga Kota Solok tentang pelaksanaan Shalat Hari Raya Idul Adha 1443 H.

Hal tersebut terkait penetapan Hari Raya Idul Adha yang telah diputuskan jatuh pada tanggal 10 Juli oleh Kementerian Agama melalui sidang isbat tanggal 29 Juni 2022 lalu.

“Sidang isbat telah mengambil kesepakatan bahwa tanggal 1 Dzulhijah tahun 1443 Hijriah ditetapkan jatuh pada Jum’at tanggal 1 Juli 2022. Dengan demikian Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada 10 Juli 2022,” tutur Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi usai memimpin Sidang Isbat (Penetapan) Awal Dzulhijah di Jakarta.

Tindak lanjut dari hasil penetapan Kementerian Agama tersebut, Pemerintah Kota Solok melakukan penyebarluasan informasi kepada masyarakat. Penyebaran informasi ini dilakukan menggunakan Mobil Unit Layanan Informasi milik Diskominfo Kota Solok. Penyebarluasan informasi ini telah dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 7-8 Juli 2022 oleh 5 orang staf Diskominfo.

Dalam informasi itu disampaikan, pelaksanaan shalat Idul Adha akan digelar pada hari Minggu tanggal 10 Juli 2022 mulai pukul 07.00 pagi, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Solok. Bertindak sebagai imam shalat, Edrawardi, dengan khatib Kepala Kantor Kemenag Kota Solok, H. Afrizal Thaib.

Pelaksanaan sholat ied tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai imbauan dari Kementerian Agama. Penerapan protokol kesehatan juga diimbau untuk dilakukan saat penyembelihan hewan kurban dan saat pembagian daging kurban.

“Kami berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan saat Hari Raya Idul Adha 1443 H, karena bukan hanya terkait pandemi Covid-19, tetapi juga untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku atau PMK,” ucap Adib selaku Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag dalam keterangannya kepada Bimas Islam di Jakarta, Selasa (15/7) lalu.

Selanjutnya catatan dari Panitia Hari Besar Islam Kota Solok bahwa apabila cuaca tidak memungkinkan, maka sholat Hari Raya Idul Adha 1443 H dipindahkan ke Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok.

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.