PKK Kota Solok Gelar Orientasi PAAR dengan Cinta Kasih

PKK Kota Solok Gelar Orientasi PAAR dengan Cinta Kasih

Solok, (InfoPublikSolok) – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keuarga (TP-PKK) Kota Solok menggelar Pertemuan Orientasi Pola Asuh Anak dan Remaja dengan Penuh Cinta Dan Kasih Sayang Dalam Keluarga (PAAR Cinta Kasih) bagi Pengurus Tim Penggerak PKK Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Solok, Senin (22/11), bertempat di Balairung 99, Rumah Dinas Wali Kota Solok.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok Dr. Pepy Ledy Soffiany, MKM. Ketua beserta Pengurus Pokja I TP-PKK Kota Solok, Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan dan Kecamatan.

Dr. Pepy Ledy Soffiany mengapresiasi kegiatan orientasi ini. Ia berharap dapat memberi manfaat bagi masyarakat. dan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu pemerintah menurunkan angka kekerasan terhadap anak dan perempuan.

“Sosialisasi ini dijadikan bakal pengetahuan dalam melaksanakan tugas selaku orang tua terutama ibu dan ayah sebagai pendidik utama. Sementara bagi kader PKK, sebagai bakal dan pedoman dalam memberikan penyuluhan, orientasi dan sosialisasi kepada orang tua dalam mengasuh anak dan remaja,” katanya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia pelaksana, Oma Fahmi menyebutkan jumlah peserta orientasi PAAR Cinta Kasih sebanyak 65 orang.

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang PAAR  dan untuk membina keluarga yang baik sekaligus mendidik anak dengan penuh cinta kasih dan sayang agar keharmonisan dalam keluarga selalu terjalin serta membentuk keluarga yang sakinah mawaddah warahmah,” ujar Oma Fahmi.

Sementara itu, narasumber Hermila Sari dari Quantum menjelaskan tentang memahami karakteristik anak pada tiap tumbuh kembang anak, perilaku yang tampak, penyebab perilaku muncul dan apa yang perlu dilakukan.

Materi selanjutnya ditambahkan oleh narasumber dari Kemenag Kota Solok H. Adrinoviyan SAg, MH yang mengatakan, upaya yang dilakukan dalam pendidikan anak diawali saat anak baru lahir dengan mengazani dan iqamah, mengaqiqahkan anak, memberi namayang baik, memanggil dengan panggilan yang menyejukkan, menyusui dan memberikan makanan dan minuman yang halal. (mf)

Tags: , , , ,