PMI Kota Solok Siapkan Tim Backup Medis Selama Gelaran MTQ

PMI Kota Solok Siapkan Tim Backup Medis Selama Gelaran MTQ

Solok, (infoPublikSolok) – Demi kenyamanan dan keamanan para khafilah MTQ ke-38 tingkat Provinsi Sumatera Barat, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solok melakukan kegiatan pelayanan mobile ke lokasi perlombaan para kafilah.

PMI juga memberikan layanan pertolongan pertama jika ada kejadian yang tidak diinginkan selama berlagnsungnya acara MTQ tingkat Sumbar di Kota Solok.

Sejak tanggal 15 Juni 2019 sampai dengan 21 Juni 2019 PMI juga menyediakan pelayanan kesehatan bagi para kafilah, pendamping dan keluarga kafilah, serta masyarakat umum lainnya yang ingin tahu tentang keadaan kondisi kesehatannya. PMI dalam hal ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan instansi lainnya.

Petugas yang terlibat dalam tim backup medis ini yakni sukarelawan PMI dengan basic tenaga medis yang berjumlah lima orang setiap harinya. Tim medis PMI Kota Solok yang terlibat dalam program ini yaitu, Ronny D Daniel selaku Sekretaris PMI Kota Solok, Mezi Okluza Selaku Kepala Markas PMI, Rangga sebagai Danru, Indra Habibi, Vindy Putri Utami, Anne Estelita, Prima Roza Putri dan Fadli Said sebagai Sukarelawan tim back up medis.

“Dalam bertugas kita harus berkomitmen dan tanggung jawab, serta tidak ceroboh, jangan lalai dalam bertugas, tunjukkan integritas kita sebagai keluarga besar PMI Kota Solok,” ungkap Anne Estelita salah satu sukarelawan PMI Kota Solok meneruskan pesan dari sekretaris PMI Kota Solok, Ronny D. Daniel.

Di tempat terpisah, Mezi Okluza selaku Kepala Markas PMI Kota Solok ketika ditemui di gedung Kubuang Tigo Baleh, lokasi Cabang Lomba Bintang Qasidah, Rabu (19/6) mengatakan, dalam bertugas sukarelawan PMI senantiasa menerapkan tujuh prinsip yaitu, kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan.

“Dalam bertugas kita selalu bersama, saling membantu, saling mengingatkan, saling menjaga komitmen, tepat waktu, dan cepat tanggap dalam bertugas juga harus kita terapkan,” tuturnya.

“Dengan adanya tim back up medis pelayanan mobile dari PMI Kota Solok yang didukung satu unit mobil operasional PMI, semoga para kafilah, pendamping, dan ofisial seluruh kontingen merasa nyaman selama berada di Kota Solok,” harapnya.

“Pelayanan mobile dari PMI kota Solok ini meliputi seluruh lokasi perlombaan MTQ dan malam harinya PMI Kota Solok stand by di lokasi Mimbar Utama, Lapangan Merdeka Kota Solok,” pungkas Kepala Markas PMI Kota Solok. (vp)