Pokdarwis Kota Solok Ikuti Kegiatan Magang ke Desa Wisata Penting Sari Yogyakarta

Pokdarwis Kota Solok Ikuti Kegiatan Magang ke Desa Wisata Penting Sari Yogyakarta

Sleman, (InfoPublikSolok) – Dinas Pariwisata Kota Solok gelar kegiatan magang bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Kota Solok ke Desa Wisata Penting Sari Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan dari Pokdarwis yang ada di Kota Solok dilaksanakan selama empat hari (24-27 Juni 2019). Rombongan peserta magang disambut langsung oleh Koordinator Desa Wisata Penting Sari, Doto Sugiantoro.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Hj. Elvy Basri, SE. MM kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari study banding yang telah pernah diikuti oleh Pokdarwis pada tahun 2018. Dari hasil study banding ke beberapa daerah maka dipilihlah Desa Wisata Penting Sari sebagai daerah tujuan pelaksanaan magang untuk tahun 2019.

Pada kesempatan ini, Walikota Solok, Zul Elfian dan Asisten II Setda Kota Solok Jefrizal, juga ikut mendampingi para peserta melaksanakan kegiatan magang. “Desa Wisata Penting Sari merupakan pilihan yang tepat untuk tempat belajar. Banyak hal yang dapat kita pelajari nantinya terutama dalam pembentukan desa wisata dan home stay yang baik di Kota Solok,” kata Walikota.

Walikota juga berpesan agar peserta benar-benar serius dalam menyerap ilmu dan bisa langsung dipraktekkan nantinya ketika kembali ke Kota Solok.

Selama kegiatan magang peserta diberikan berbagai pengetahuan dengan materi diantaranya pengelolaan dan perencanaan desa wisata, manajerial dan pengelolaan home stay dengan pemateri Sugiwanto, Rohkmadu Inuhayi, Doto Yugantoro dan Destha Titi Raharjana dari Pusat Pariwisata UGM.

Tidak hanya materi, peserta juga mengikuti praktek lapangan dalam pengembangan ekonomi kreatif di lingkungan desa wisata seperti ikut dalam membuat keterampilan tangan, membatik, serta pengolahan kopi secara tradisional yang ada di desa tersebut.

Para pendamping dari Desa Penting Sari juga menjelaskan secara langsung bagaimana konsep yang mereka terapkan dalam membentuk desa wisata. Bagaimana upaya sinergitas antara masyarakat dan pelaku usaha untuk menjadikan Desa Wisata Penting Sari menjadi tujuan wisata tidak hanya dari wisatawan lokal tetapi juga mancanegara.

Kabid Jasa Usaha dan Industri Kreatif Dinas Pariwisata Kota Solok, Doriswelly, M.Si selaku salah satu koordinator kegiatan menyampaikan, dengan kegiatan ini hendaknya dapat membuka wawasan Pokdarwis Kota Solok, sehingga dapat membentuk nantinya desa wisata dengan fasilitas yang juga memadai. “Kita juga berharap hal ini dapat menjadi motivasi untuk industri kreatif dan pengusaha pariwisata Kota Solok dalam mempersiapkan diri menuju Visit Kota Solok 2020,” harapnya. (sn)

Tags: , , , ,

%d blogger menyukai ini: