Pokja I TP-PKK Gelar Musabaqah Syarhil Qur’an

Pokja I TP-PKK Gelar Musabaqah Syarhil Qur’an

Solok, (Info Publik Solok) – Pokja I Tim Penggerak (TP) PKK Kota Solok melaksanakan Musabaqah Syarhil Qur’an di mesjid Al Hidayah VI Suku Kota Solok, Selasa (8/11).

Kegiatan lomba Musabaqah Syarhil Qur’an ini diikuti 13 Kelurahan di Kota Solok, masing-masing kelurahan diwakili oleh 3 orang peserta. Pokja I TP PKK Kota Solok melaksanakan kegiatan ini dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman serta pengamalan terhadap isi kandungan Al-Qur’an.

Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok, Delfianto, S.Sos dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa hendaknya para peserta betul memahami isi materi tidak hanya mengajak dalam menyampaikan materi tetapi juga paham isi dan makna yang terkandung di dalamnya.

Lebih lanjut Delfianto mengatakan masing-masing bagian dituntut untuk memiliki kemampuan yang mumpuni agar penampilan yang diharapkan sesuai dengan standar nasional yang telah ditetapkan. Meski begitu, yang terpenting dari kesenian Syarhil Qur’an ini adalah bagaimana bisa berdakwah dan menyampaikan nilai-nilai Al-Quran dengan cara yang menarik dan terstruktur.

Adapun juri pada lomba ini yaitu, H.Syamsurijal, S.Ag M.Pdi dan Delfimarni, S.Ag dari Kemenag Kota Solok.

Sebelum acara dimulai, juri menerangkan bahwa Syarhil Al-Qur’an adalah metode retorika atau tabligh yang mendeskripsikan pesan-pesan dan kandungan Al-Qur’an secara tematik (maudhu’i), yang disampaikan dalam bentuk ceramah keagamaan secara tatap muka dengan melibatkan tiga pelaku atau unsur yaitu pensyarah, qari/qariah serta saritilawah, dan ketiga unsur tersebut saling melengkapi.

Pensyarah merupakan unsur pertama dan utama dalam penyampaian syarh al-Quran. Qariah adalah orang yang bertugas mem­bacakan ayat suci al-Quran yang dijadikan landasan oleh pensyarah dalam menyam­paikan syarhil Al-Qur’an, dan Saritilawah adalah unsur yang bertugas menyampaikan terjemahan ayat suci Al-Qur’an yang telah dibacakan oleh qari atau qariah ke dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. (df)

Tags: , ,