Polres Solok Kota dan Disperkim Sosialisasikan Operasi Bina Karuna Singgalang 2022

Polres Solok Kota dan Disperkim Sosialisasikan Operasi Bina Karuna Singgalang 2022

Solok (InfoPublikSolok) – Polres Solok Kota bersama Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Solok melaksanakan sosialisasi Operasi Bina Karuna Singgalang 2022 dalam rangka meningkatkan keamanan masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan guna menciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Solok Kota.

Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, S.IK melalui Kasat Binmas Polres Solok Kota, AKP Laydi menjelaskan bahwa Ops Bina Kusuma Singgalang 2022 ini dilaksanakan pada tanggal 12 – 25 Juli 2022, bertujuan untuk mengantisipasi pencegahan pembakaran hutan dan lahan yang dapat merusak lingkungan hidup serta antisipasi trauma healing pada anak-anak pasca bencana alam.

Lebih lanjut AKP Laydi menyampaikan dasar dari kegiatan ini adalah Undang-Undang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup menyatakan bahwa pembukaan lahan dengan cara membakar hutan secara tegas merupakan pelanggaran.

Larangan tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pasal 69 ayat huruf h. Adapun ancaman pidana atau sanksi bagi yang melakukan pelanggaran terhadap larangan tersebut adalah penjara minimal 3 tahun dan maksimal 10 tahun serta denda antara Rp3 miliar hingga Rp10 miliar.

Plt. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Solok, Iwan Setiawan, ST, M.Si menyambut baik kegiatan sosialisasi ini dan akan berupaya semaksimal mungkin untuk turut serta dan berperan aktif dalam setiap program kegiatan dari jajarann Polres Kota Solok. (jt)

 

Tags: