PORPELDA 2019 : Kontingen Kota Solok Raih Juara Umum Kedua

PORPELDA 2019 : Kontingen Kota Solok Raih Juara Umum Kedua

Padang, (InfoPublikSolok) –  Kontingen Atletik Kota Solok yang merupakan atlet binaan sentra olahraga kelompok umur Dinas Pemuda dan Olahraga berhasil keluar sebagai juara umum kedua perolehan medali pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (PORPELDA) 2019 yang telah berakhir pada Sabtu (16/3/2019).

PORPELDA 2019 diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan Pengprov PASI Sumbar di Lintasan Atletik GOR Agus Salim Padang pada tanggal 14 s/d 16 Maret 2019. Kejuaraan ini diikuti oleh atlet atletik pelajar seluruh Kab/ Kota se-Sumatera Barat.

Tim Atletik Kota Solok yang turun pada nomor Lari Jarak Menengah, Lari Jarak Pendek dan Jalan Cepat 5 Kilometer yang berkekuatan 20 orang atlet dengan 4 orang Pelatih berhasil keluar sebagai juara umum kedua dengan pencapaian 4 emas, 3 perak dan 2 perunggu.

Empat medali emas kontingen kota Solok disumbangkan tiga atlet, Ilham Aprigitano pelajar SMA 4 Kota Solok berhasil merih 2 medali emas di nomor lari 5.000 m dan 1500 m Putra. Ilham merupakan atlet potensial yang dimiliki Kota Solok yang pada ajang Porprov Padang Pariaman lalu berhasil menyumbangkan 2 medali buat kontingen Kota Solok. Lukman Alkarim pelajar SMK N 1 Kota Solok meraih 1 emas nomor 100 m Putra dan satu emas lagi disumbangkan oleh Diva Dilsiana pelajar SMP N Kota Solok 3 nomor Jalan Cepat 5 km Putri.

Sementara itu, tiga medali perak disumbangkan oleh Salsabila pelajar SDN 11 Kampung Jawa dengan 2 medali perak di nomor lari 1.500 m dan 800 m putri. Satu perak lagi disumbangkan oleh Diana pelajar SMP N 3 Kota Solok nomor lari 5.000 m putri.

Dua perunggu disumbangkan oleh Lukman Alkarim melalui nomor lari 200 m putra dan Yoga Pratama Solta pelajar SMA N 4 Kota Solok pada nomor jalan cepat 5.000 m putra.

Pada klasemen akhir PORPELDA 2019, Juara Umum I diraih oleh Kabupaten Limapuluh Kota dengan perolehan 5 medali emas, 2 Perak dan 1 perunggu serta mendapatkan uang pembinaan Rp. 10 juta. Juara Umum II Kontingen Kota Solok dengan 4 emas 3 perak dan 2 perunggu serta uang pembinaan sebesar Rp. 7 juta dan Juara Umum III diraih Kabupaten Solok dengan perolehan 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu dan uang pembinaan Rp. 3,5 juta.

Dengan hasil ini, terdapat tiga atlet Kota Solok yang memungkinkan untuk lolos mewakili tim pelajar Sumbar pada PORPELDA Nasional pada bulan September 2019 di Provinsi Papua sebagai tuan rumah.

“Alhamdulillah Tim Kota Solok berhasil keluar sebagai juara umum kedua pada PORPELDA 2019 Sumbar. Tim atletik yang turun kali ini memilki potensi yang besar, apalagi ada beberapa atlet belia kita yang mampu bersaing.  Salsabila yang masih Kelas 6 SD contohnya berhasil meraih medali perak bersaing dengan atlet yang lebih tua darinya. Itu sungguh sangat membanggakan sekali,” kata Anwar, pelatih atletik sentra umur dan umum Dispora Kota Solok.

“Melihat hasil ini saya memprediksi ada tiga atlet kita yang bisa mewakili tim pelajar Sumbar ke tingkat nasional pada bulan September 2019 di Provinsi Papua,  namun belum diumumkan oleh Dispora Sumbar karena keputusan berangkat merupakan kebijakan Dispora Sumbar tergantung dengan situasi keuangan. Saya memprediksi tiga atlet tersebut adalah Ilham, Diva dan Lukman. Karena mereka berhasil menyumbangkan medali emas,” ungkap Anwar.

“Saya sangat senang sekali hasil yang diperoleh pada kejuaraan kali ini. Untuk kedepannya saya akan meningkatkan intensitas latihan, karena saya sangat ingin sekali dapat mewakili tim pelajar Sumbar ke tingkat nasional. Disanalah nanti saya mendapatkan persaingan dan ilmu yang lebih ketat lagi,” tutur Ilham Aprigitano peraih dua medali emas PORPELDA 2019. (ep)

Tags: , , ,