Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

3 Maret 2024

Pos PAM Operasi Ketupat Singgalang Polres Solok Kota Kedatangan Kapolda Sumbar dan Danrem 032/ Wirabraja

Pos PAM Operasi Ketupat Singgalang Polres Solok Kota Kedatangan Kapolda Sumbar dan Danrem  032/ Wirabraja

SOLOK, (Info Publik Solok) – Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa P, SH, S.IK, MH, bersama Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto mengunjungi pos pengamanan operasi ketupat Singgalang 2022 di wilayah Polres Solok Kota, Selasa, (26/04/2022)

Pos Pengamanan yang dikunjungi adalah Pos yang berada di Taman Kota Syech Kukut, Depan Pasar Raya Kota Solok, Sumatera Barat.

Rombongan Kapolda dan Danrem disambut langsung oleh Kapolres Solok kota AKBP Ferry Suwandi, S.IK, dan Dandim 0309 Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan, SE. Turut hadir Kepala Dinas Perhubungan Kota Solok Ikhlas, PJU, para Kasat, Kapolsek, dan jajaran Polres Solok Kota, serta tim medis.

Menurut keterangan Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, kunjungan Kapolda dalam rangka memantau Pos Pam Operasi Ketupat Singgalang adalah untuk memastikan kesiapan jajaran dalam melaksanakan operasi guna memberikan kenyamanan pada masyarakat dalam melaksanakan kegiatan maupun ibadah di hari raya umat Islam, Idul Fitri 1443 H.

*Perihal yang menjadi atensi dan penekanan Kapolda dalam operasi ini adalah untuk memberikan rasa aman kepada para pemudik supaya terhindar dari kemacetan, serta memastikan masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid 19, ” ujar Kapolres AKBP Ferry Suwandi.

Ditambahkan Kapolres, untuk mencegah terjadinya kemacetan Polres Solok Kota juga mengantisipasi terhadap adanya kendaraan mogok pada saat jalur mudik dengan menyiapkan armada derek terutama di area perbatasan.

“Khusus untuk wilayah Solok Kota ini ancaman utama dalam arus lalu lintasnya saat lebaran adalah kemacetan, ” sebut Ferry.

Menurut Kapolres, diprediksi akan terjadi lonjakan arus mudik dari tahun-tahun sebelumnya terlebih karena dua tahun ini masyarakat tidak bisa mudik disebabkan larangan akibat pandemi.

“Lonjakan memang ada, namun masih bisa kita kendalikan. Untuk wilayah Polres Solok Kota, lonjakan pemudik tersebar di perkampungan-perkampungan, dan lebih banyak di wilayah Kabupaten, karena memang sudah ada laporan perantau yang akan melaksanakan pulang basamo, ” terang AKBP Ferry.

“Kendati demikian, jika eskalasi peningkatannya sangat tinggi kita juga sudah siap siaga dengan solusi akan membuat rekayasa lalu lintas berupa contra flow atau one gate system, ” imbuhnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi aksi pelaku kejahatan, Polres Solok Kota juga akan menempatkan personel di beberapa tempat yang dinilai rawan atau objek-objek vital.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan, serta tidak menjelang kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Demi keamanan dan keselamatan diri, lebih baik memanfaatkan Momentum hari raya ini untuk berkumpul bersama keluarga dan silaturahmi dengan sanak Family, ” pungkas Kapolres.

Terkait penindakan pelanggaran lalu lintas, menurut Ferry, yang menjadi prioritas Polres Solok Kota adalah kendaraan yang tidak sesuai dengan aturan seperti knalpot racing dan aksi balap liar. Sementara untuk kendaraan roda empat lebih fokus pada ODOL (Over Dimensi Over Load). (ch/am)

Tags: , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.