Pos Upaya Kesehatan Kerja se-Kota Solok di Resmikan

Pos Upaya Kesehatan Kerja se-Kota Solok di Resmikan

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan gelar peresmian Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) tahun 2019, di Pabrik Jagung (CNM) Citra Nusantara Mandiri Ampang Kualo Solok, Rabu (4/12/19).

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Solok, Dessy Syafril, Kabid Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Masyarakat, Pepy Ledy Soffiany dan Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja Olahraga, Despa Wildawati beserta staf, Camat dan Lurah se-Kota Solok dan seluruh Kader Pos UKK.

Peresmian ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Solok mengatakan, pekerja informal harus mendapatkan pembinaan dalam hal kesehatan kerja, sehingga mereka dapat bekerja dengan aman, sehat dan produktif. Memandang hal ini maka keberadaan Pos UKK sangat penting sebagai wadah pembinaan dan pengawasan pelaksanaan kesehatan kerja. Banyaknya pekerja informal yang belum tersentuh oleh pelayanan kesehatan secara berkala dan untuk meningkatkan hal tersebut diperlukan adanya wadah untuk sarana pelayanan kesehatan dalam bentuk Pos UKK.

Adapun Pos UKK yang diresmikan yaitu Bank Sampah Hanasty, Damar Jaya, Pasir Maju, Pasir Saiyo, Bongkar Muat Mobil Perah Terminal C, Rumbio Saiyo, Terminal Sehat, Sakato, Elok Basamo, Serba Usaha dan Citra Nusantara Mandiri (CNM).

“Pos UKK dibentuk dari keinginan masyarakat itu sendiri, dari jenis pekerjaan yang sama dan memiliki anggota sebanyak 10 sampai 50 orang pekerja. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan pekerja tentang kesehatan dan kemampuan pekerja dalam menolong diri sendiri dan dapat mendeteksi secara dini permasalahan kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan yang terjangkau,” jelas Dessy Syafril.

Bagi Kader Kesehatan, Pos UKK memiliki manfaat untuk mendapatkan informasi lebih awal tentang kesehatan kerja, sedangkan menurut pihak Puskesmas, mampu memperluas jangkauan pelayanan dan mengoptimalkan fungsi Puskesmas. Dilain pihak manfaatnya yakni bisa memadukan kegiatan sektornya dan pemberdayaan masyarakat dengan lebih efektif dan efisien.

Acara dilanjutkan dengan pelepasan balon tanda peresmian Pos UKK oleh Dessy Syafril, Despa Wildawati, serta perwakilan dari Camat dan Lurah yang diakhiri dengan penyerahan SK kepada masing-masing Pos UKK. (es)

Tags: , , , , , , , , ,