Posbindu Rumbio Sakato Laksanakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

Posbindu Rumbio Sakato Laksanakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

Solok, (InfoPublikSolok) – Dewasa ini, Penyakit Tidak Menular (PTM) yang semakin menghawatirkan adalah diabetes, hipertensi, obesitas bahkan penyakit jantung. Banyak sekali faktor risiko terkena PTM meliputi merokok, pola makan tidak sehat, kurang olahraga dan bahkan kekurangan gizi. Untuk mencegah angka tersebut maka pemerintah mencanangkan program Posbindu.

Posbindu ini adalah singkatan dari Pos Pembinaan Terpadu untuk Penyakit Tidak Menular. Salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat dalam menanggulangi penyakit tidak menular. Sedangkan, sasaran Posbindu adalah kelompok masyarkat usia 15 tahun ke atas.

Pagi ini, Kamis (21/3/2019), Posbindu Rumbio Sakato Kelurahan Simpang Rumbio melaksanakan pemeriksaan dini penyakit tidak menular di Taruko RT 2/RW 4, acara tersebut digelar di rumah Ketua RT 2/RW 4, Dasril Ananta, yang di hadiri sekitar 50 orang masyarakat di sekitar daerah Taruko yang sangat antusias menghadiri kegiatan pemeriksaan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Lurah Simpang Rumbio Zulkifli, S.Sos, didampingi Ketua RW 4 Simpang Rumbio, Yuhardi.

Lurah Simpang Rumbio, Zulkifli, menyampaikan terima kasih kepada para Kader Posbindu TPM, Petugas medis dari Puskesmas dan masyarakat yang hadir untuk memeriksa kesehatannya melalui deteksi dini Penyakit Tidak Menular, dan berharap dengan adanya kegiatan ini akan bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kelurahan Simpang Rumbio.

“Posbindu adalah milik kelurahan sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan di Kelurahan Simpang Rumbio dan bisa meminimalisir angka kesakitan pada penyakit yang tidak menular,” harapnya.

“Saya juga berharap agar kader-kader Posbindu menjadi kader yang handal untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat yang akan membawa masyarakat hidup lebih sehat lagi,”  tambah Zulkifli.

 

Kegiatan deteksi dini Penyakit Tidak Menular Tinggi yang dilakukan oleh tenaga medis dari Puskesmas KTK bersama Kader Posbindu Rumbio Sakato tersebut, meliputi pemeriksaan Lingkar Perut, Berat Badan, Kadar Kolesterol, Kadar Gula Darah, Kadar Lemak Tubuh, Asam Urat dan pemeriksaan Tekanan Darah.

Kegiatan ini diharapkan untuk menjadi sarana preventif agar masyarakat membudayakan gaya hidup yang sehat. Dengan mengetahui segala risiko yang ada, masyarakat akan lebih berwaspada untuk menjaga kesehatannya.  (amf)

Tags: , , , ,