PPNI Kota Solok Rayakan HUT dengan Beragam Kegiatan

PPNI Kota Solok Rayakan HUT dengan Beragam Kegiatan

Solok, (InfoPublikSolok) – Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 dengan beragam rangkaian kegiatan yang melibatkan masyarakat serta seluruh Perawat di Kota Solok.

Perayaan tersebut dipusatkan di halaman Klinik Tumbuh Kembang Anak/ Tempat Pelayanan Terpadu Ibu dan Anak dengan, Minggu (17/3) pagi, diawali dengan melakukan senam massal bersama Masyarakat Kota Solok bekerjasama dengan Klub Jantung Sehat (KJS) Kota Solok, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Pemeriksaan yang dilakukan diantaranya Tekanan Darah, Asam Urat dan Kolesterol serta pemeriksaan kadar CO Analyzer bagi perokok. bagi masyarakat yang hasil pemeriksaannya ternyata abnormal juga dilakukan pelayanan konsultasi kesehatan terkait masalah penyakit yang beresiko diderita masyarakat tersebut.

Acara pada Minggu pagi tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Solok, Reinier, didampingi Ibu Elfia Reinier juga turut melakukan pemeriksaan PTM bersama Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Ambun Kadri. MKM serta ketua PPNI Kota Solok Ns. Alita Devi, S.Kep.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PPNI kota Solok Ns. Alita Devi, S.Kep dalam sambutan dihadapan Wakil Walikota membuka dengan slogan “Kami Perawat Kota Solok siap mendukung dan berperan aktif dalam gerakan masyarakat hidup sehat”.

Disampaikan, dalam memperingati HUT PPNI ke-45 kali ini, para Perawat Kota Solok yang tergabung dalam PPNI sebelumnya juga telah melakukan Pengabdian Masyarakat berupa kegiatan penyuluhan kesehatan tentang bahaya rokok, pemutaran video tentang bahaya rokok, Pemeriksaan kadar CO analyzer bagi siswa perokok dan terapi berhenti merokok dengan totok SEFT, yang dilakukan di tiga sekolah menengah di kota Solok, yaitu SMKN 2, SMPN 4 dan SMPN 6 pada Sabtu (17/3).

Dalam sambutannya, Wawako Reinier menyampaikan bahwa profesi Keperawatan adalah profesi yang unik dan kompleks dalam melayani individu keluarga dan masyarakat. Untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan, mencegah kesakitan, dan merawat serta merehabilitasi klien yang sakit dan tidak mampu dengan pendekatan humanistik keperawatan.

“Pemerintah Daerah Kota Solok akan berupaya memberikan dukungan positif dan melibatkan PPNI Kota Solok baik langsung ataupun tidak langsung, terhadap upaya-upaya kesehatan baik individu, keluarga dan masyarakat dalam ruang lingkup Kota Solok,” kata Wawako.

“Kepada Perawat dimanapun bertugas tetaplah berkiprah menuju era JKN untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian melalui tindakan promotif dan preventif yang sesuai dengan tujuan pembangunan kesehatan dalam gerakan masyarakat hidup sehat,” harap Wawako.

Untuk kemeriahan acara, disediakan juga banyak sekali doorprise menarik untuk pengunjung yang hadir pada rangkaian acara tersebut. Maju terus Perawat indonesia, keluarga sehat, masyarakat sehat, Indonesia sehat dan kuat. (es)

Tags: , , ,