PPS Simpang Rumbio Gelar Pertemuan dengan 168 Anggota KPPS

PPS Simpang Rumbio Gelar Pertemuan dengan 168 Anggota KPPS

Solok, (Info Publik Solok) – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Simpang Rumbio untuk Pemilu 17 April 2019 mendatang, melaksanakan pertemuan dan tatap muka dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta mengadakan Pemilihan Ketua KPPS untuk masing-masing TPS yang diadakan di Aula Kelurahan Simpang Rumbio, Rabu, (3/4/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yang terbagi dua gelombang, yang dimulai dari hari selasa tanggal 2 Maret 2019 dan berakhir hari Rabu tanggal 3 Maret 2019.

Gelombang I dimulai dari TPS 16 s/d TPS 24 yang berjumlah 63 orang dan pada gelombang II dari TPS 1 s/d TPSS 15 berjumlah 105 orang. Total seluruh Anggota KPPS 168 orang, dengan rincian 7 orang di tiap TPS dari 24 TPS yang ada di Kelurahan Simpang Rumbio.

Dalam pertemuan ini, Ketua PPS Kelurahan Simpang Rumbio, Yelfitria menegaskan KPPS mempunyai peran sentral dalam mengelola proses pemungutan dan penghitungan suara di Tempat  Pemungutan Suara (TPS), terutama bagi Ketua KPPS, harus mempunyai sikap yang tegas terhadap aturan-aturan yang berlaku di TPS.

“Yang boleh berada di dalam TPS hanyalah Ketua dan Anggota KPPS, Pengawas TPS, Masyarakat  Pemilih yang akan menggunakan hak suara, Saksi dari peserta Pileg dan Pilpres, selain dari itu, siapapun tidak diperbolehkan memasuki area TPS, sehingga proses pemungutan suara bisa berjalan lancar,” jelasnya lagi.

“Ketua KPPS juga harus rajin mengingatkan masyarakat pemilih mengenai tata cara dan mekanisme pemungutan suara, terutama tata cara mencoblos yang benar, mengingat susah dan rumitnya sistem pemilihan sekarang,” ungkapnya.

“Selain dari itu juga mengingatkan larangan bagi pemilih untuk mengambil gambar di bilik suara, Ketua KPPS juga harus menyampaikan kepada pemilih, terutama bagi penyandang Disabilitas, apabila membutuhkan pendamping harus dari pihak Keluarga sendiri dengan ketentuan harus berumur diatas 17 Tahun,” sambungnya.

Selain dari itu, lanjut Yelfitria, Anggota KPPS lainnya juga mempunyai peran penting, seperti KPPS 4 dan 5 yang harus mencocokkan surat pemberitahuan C-6 dengan daftar pemilih, pemilih yang hadir di TPS juga harus dicatat kehadirannya dalam C-7 daftar hadir.

Pencatatan ini berlaku untuk semua pemilih baik pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Pemilih yang memilih memakai KTP atau Pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan, Petugas KPPS harus memastikan yang hadir di TPS benar-benar pemilih sebenarnya, tidak boleh di wakilkan kepada siapapun.

Ketua PPS juga menyampaikan pembagian tugas KPPS dalam Pemungutan Suara di TPS, yaitu Ketua KPPS bertugas memimpin rapat pemungutan suara, memberikan penjelasan kepada pemilih tentang tata cara pemberian suara, menandatangani surat suara yang akan digunakan, memberikan surat suara kepada pemilih, dan mengarahkan pemilih ke bilik suara.

Sedangkan, Anggota KPPS 2 yaitu Menerima dari Anggota KPPS 5 Model C-6-KPU untuk Pemilih DPT, KTP-El/Suket/KK/SIM untuk Pemilih DPT yang tidak membawa formulir Model C-6-KPU, Model A.5-KPU/A.5 LN-KPU untuk Pemilih DPTb, KTP-El untuk Pemilih DPK serta mengisi nama Kecamatan, Kelurahan dan Nomor TPS pada Surat Suara dan juga membantu tugas Ketua KPPS.

Anggota KPPS 3 mempunyai tugas Mengumpulkan Model C6-KPU Pemilih DPT, Model A.5-KPU LN-KPU Pemilih DPTb dan Mengisi nama Kecamatan, Kelurahan dan Nomor TPS pada surat Suara dan juga Membantu tugas Ketua KPPS.

Anggota KPPS 4 mempunyai tugas memeriksa seluruh jari tangan pemilih, menerima dan memeriksa KTP-El/KK/SIM dengan Formulir Model C6-KPU untuk Pemilih DPT, KTP-El untuk Pemilih DPK, memeriksa kesesuaian nama Pemilih bersangkutan dengan yang tercantum formulir Model A.3-KPU/Model A.4-KPU, mencatat nama Pemilih DPTb ke dalam Model A.4-KPU dan menyerahkan kepada Anggota KPPS 5.

Anggota KPPS 5 bertugas meminta kepada pemilih untuk mengisi dan menandatangi sesuai identitas pemilih kedalam Formulir Model C7.DPT-KPU, mempersilahkan pemilih menempati tempat duduk, menyerahkan kepada Anggota KPPS 2 Form ulir Model C6-KPU untuk Pemilih DPT, KTP-El/kk/SIM untuk pemilih yang tidak membawa Formulir dan KTP-El untuk pemilih DPK.

Sedangkan, KPPS 6 tugasnya mengarahkan atau memandu Pemilih memasukkan surat suara sesuai dengan kotak suara masing-masing jenis, dan KPPS 7 bertugas Meminta Pemilih untuk mencelupkan salah satu jari Pemilih ke dalam tempat tinta. (amf)

Tags: , , , , , ,