Praktek Lapangan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes RI di Kelurahan Aro IV Korong

Praktek Lapangan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes RI di Kelurahan Aro IV Korong

Solok, (InfoPublikSolok) – Mahasiswa dari Program Studi Diploma III Keperawatan Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Padang mulai melaporkan hasil survey yang telah mereka lakukan selama seminggu di Kelurahan Aro IV Korong mengenai Penyakit Tidak Menular (PTM) langsung kepada Lurah Aro IV korong, Selasa (19/3). Temuan dari hasil survey ini adalah masih tingginya angka penyakit Hipertensi dan Diabetes Mellitus.

Tidak dapat dipungkiri dewasa ini penyakit tidak menular cukup tinggi ikut menyumbang pada angka kematian di Indonesia. Hal tersebut tentu tidak bisa dianggap sepele dan dipandang sebelah mata. Dengan adanya praktek lapangan komunitas dari mahasiswa keperawatan ini semoga dapat menjadi perantara dan perpanjangan tangan tenaga kesehatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan deratat kesehatan masyarakat secara umum.

Dengan didampingi oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas KTK, nantinya mahasiswa ini akan melakukan kegiatan intervensi terhadap masalah Kesehatan yang mereka temukan di Kelurahan Aro IV Korong. Intervensi yang nantinya akan dilakukan adalah berupa pemberian materi mengenai masalah yang ditemukan berupa penyuluhan serta pemeriksaan kesehatan gratis yang nantinya akan dilakukan di kelurahan Aro IV Korong pada saat pertemuan Bundo Kanduang dan kader juga akan membantu mengumpulkan warga agar dapat ikut berpartisipasi pada kegiatan tersebut di masing-masing RW yang ada.

“Diharapkan kepada mahasiswa agar dapat membawa dampak baik bagi warga di lingkungan Kelurahan Aro IV Korong terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Saya juga berharap agar
ibu-ibu kader Posyandu dapat mendampingi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan mereka nantinya,” tutur Lurah Aro IV Korong.

“Kegiatan praktek lapangan komunitas ini nantinya akan berakhir pada empat minggu kedepan,” jelas petugas pendamping dari Puskesmas KTK.

“Saya berharap para kader, RT dan RW dapat membantu adik-adik mahasiswa dalam menjalan tugasnya serta memberikan izin dan dukungan terhadap setiap kegiatan yang nantinya akan dilakukan oleh mahasiswa agar setiap kegiatan yang mereka lakukan dapat memberikan hasil yang baik bagi warga Aro IV Korong,” harapnya.

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan dampak yang nyata pada derajat kesehatan masyarakat di Kelurahan Aro IV Korong. (az)

Tags: , , , , ,