Presentasi Badan Publik, Bawaslu Kembali Targetkan Meraih Kategori Informatif

Presentasi Badan Publik, Bawaslu Kembali Targetkan Meraih Kategori Informatif

Solok, (Info Publik Solok) – Kepercayaan publik terhadap lembaga Bawaslu Kota Solok diwujudkan dengan Keterbukaan Informasi Publik dan Keterbukaan Informasi Publik bukan hanya kewajiban namun adalah hak warga masyarakat.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati kepada panelis tim penilai pada acara Presentasi Badan Publik di HW Hotel Padang, Rabu (16/11).

“Keterbukaan informasi menumbuhkan kepercayaan (trust) masyarakat kepada Bawaslu Kota Solok dalam kesetaraan memperoleh informasi untuk perkembangan demokrasi dan pengawasan kepemiluan,” lanjutnya.

Triati menyatakan seiring dengan perkembangan digitalisasi dan tingginya tuntutan masyarakat akan keterbukaan informasi, Badan publik terus dihadapkan dengan tantangan untuk menciptakan dan mengoptimalkan pelayanan, mengembangkan dan membangun sistem informasi dan dokumentasi serta dapat memberikan layanan yang baik kepada masyarakat.

Bawaslu Kota Solok terus menumbuhkan dan membangun komitmen untuk memberikan layanan keterbukaan informasi publik sesuai dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Sejak tahun 2019 Bawaslu Kota Solok telah menerbitkan Keputusan tentang Pembentukan Tim Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di lingkungan Bawaslu Kota Solok dan setiap tahun diperbaharui, terakhir dengan Keputusan Nomor: 017/HK.01/K.SB-19/08/2022.

Bawaslu Kota Solok menjadi satu dari tiga besar Kategori Bawaslu Kab/Kota se-Sumatera Barat untuk meraih Kategori Badan Publik Informatif selain Bawaslu Kab. Pesisir Selatan dan Bawaslu Kota Pariaman.

Di hadapan panelis Dr. Reno Fernandes, S.Pd, MP (Dosen Departement Sosiologi Universitas Negeri Padang dan Peneliti di Revolt Institute), Widya Prima Hatta, SE, MT (Sekretaris Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat), Nofal Wiska, S.IP dan Tanti Endang Lestari, S.IP, M.Si (Ketua dan Anggota KI Provinsi Sumatera Barat), Ketua Bawaslu Kota Solok Triati memaparkan tentang komitmen, koordinasi, inovasi dan prestasi Bawaslu Kota Solok dalam membangun keterbukaan informasi publik.

Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat telah selesai melakukan tiga rangkaian tahapan monitoring dan evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Sumatera Barat yaitu Verifikasi Kuesioner, Verifikasi Website dan Data Dukung serta Verifikasi Faktual.

Tahapan selanjutnya adalan Presentasi Badan Publik yang masuk tiga besar Badan Publik untuk mempresentasikan mengenai komitmen, koordinasi dan inovasi yang dilakukan sehingga terwujud Keterbukaan Informasi Publik.

PPID Bawaslu Kota Solok telah diresmikan oleh Ketua Bawaslu RI, Abhan, SH, MH pada tanggal 7 November 2020. Bawaslu Kota Solok berkomitmen untuk selalu menjadi Badan Publik yang Informatif dengan melakukan upaya menginformasikan kegiatan dan kinerja lembaga kepada publik melalui media publikasi dan program sosialisasi, mengakomodir masukan masyarakat dalam kebijakan lembaga, meningkatkan kapasitas SDM dan pengembangan sarana publikasi/ permohonan informasi yang mudah diaskes dan berbasis teknologi, menyampaikan laporan layanan informasi kepada Bawaslu Provinsi Sumatera Barat dan Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat.

Bawaslu Kota Solok juga telah menyediakan kursi roda dan alat braile pemilihan untuk layanan masyarakat disabilitas yang datang secara langsung ke Kantor Bawaslu Kota untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Bawaslu Kota Solok juga mendapatkan support koordinasi dan kerjasama secara terus menerus dengan Dinas Kominfo Kota Solok terkait dengan Website, PPID dan pemberitaan kegiatan Bawaslu Kota Solok melalui media Info Publik Solok dan media videotron.

Bawaslu Kota Solok juga terus mendapatkan bimbingan dan arahan dari Bawaslu Provinsi Sumatera Barat dalam meningkatkan layanan informasi publik.

Triati yang didampingi anggota Bawaslu Kota Solok, Budi Santosa dan Sekretariat Bawaslu Kota Solok, menegaskan bahwa pelayanan cepat, ramah dan prima menjadi komitmen dalam layanan informasi publik.

Setiap layanan informasi publik diberikan form survey kepuasan masyarakat dalam mendapatkan layanan informasi publik. Strategi ke depan yang akan dilakukan oleh Bawaslu Kota Solok adalah menyediakan anggaran pengelolaan dan pelayanan informasi publik, melaksanakan kegiatan Bimtek, mengembangkan pendidikan politik kepada masyarakat, meningkatkan kerjasama dengan lembaga lain dan menerima masukan publik dalam rangka perbaikan kebijakan pengelolaan dan pelayanan informasi publik. (si)

Tags: , ,