Produk Kota Solok Diminati di Sibolga Expo

Produk Kota Solok Diminati di Sibolga Expo

Sibolga, (InfoPublikSolok) – Walikota Solok, Zul Elfian, Hadiri Sibolga Expo, Pekan Tenun dan Ulos Sumatera Utara dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Sibolga ke-319. Kegiatan tersebut berpusat di Lapangan Simare-mare, Kota Sibolga, Senin (25/3/2019).

Dalam pameran tersebut Kota Solok ikut andil dalam promosikan hasil kerajinan dan makanan khas Kota Solok. Adapun produk yang dibawa Kota Solok meliputi Batik, Tenun, Songket, Bordiran, Rajutan, dan makanan khas Kota Solok.

Tak kalah pentingnya, kerajinan Kota Solok cukup diminati di Kota Sibolga seperti Ibu Mentri Perdagangan turut membeli obat herbal dan Rendang, begitu pula dengan Ibu Wawako Sibolga membeli tenun Kota Solok. Hal tersebut  membuktikan hasil kerajinan Kota Solok cukup bersaing.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Perdagangan, RI Drs. Enggartiasto Lukita, Jaksa Agung RI, Drs. H. Muhammad Prasetyo, SH, MM, beserta undangan lainnya. Kegiatan tersebut dibuka dengan ditandai pelepasan balon oleh Ketua TP-PKK Kota Sibolga dan Ibu Menteri Perdagangan.

Walikota Sibolga, Syafri Hutauruk, mengatakan kegiatan Sibolga Expo diikuti sebanyak 330 peserta pameran, meliputi 60 peserta indoor dan 270 outdoor.

Disisi lain, Menteri Perdagangan RI, Drs. Enggartiasto Lukita ungkap apresiasinya kepada Pemerintah Kota Sibolga karena kegiatan ini bukan hanya seremonial saja, tetapi juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan adanya pameran serta penjualan produk-produk.

Masih dikesempatan yang sama, Walikota Solok Zul Elfian, SH, M.Si berharap dengan adanya kegiatan ini,dapat membuat perbandingan dan mengambil pelajaran yang bisa diambil dari kegiatan tersebut.

“Ambil apa saja yang bisa diserap dari kerajinan-kerajinan daerah lain,” kata Zul Elfian.

Tak hanya itu, Ketua Dekranasda Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian, juga berharap kepada seluruh UKM dapat melakukan inovasi terus menerus terhadap produk yang dihasilkan, agar dapat bersaing dengan kerajinan yang lain.

“Saya berharap kita bisa belajar di kesempatan seperti ini, misalnya Ulos khas Sumatera Utara selalu lakukan inovasi dari segi model, dan kualitasnya, saya berharap Kota Solok juga lakukan inovasi tersebut,” harapnya.

“Dekranasda Kota Solok selalu berusaha untuk menghasilkan produk dengan kualitas yang bagus serta menarik, guna dapat menggaet wisatawan daerah maupun mancanegara untuk membeli produk kerajinan khas Kota Solok. Perlu diperhatikan juga dari segi packaging produk dan label halalnya,” ungkap Zulmiyetti.

Ditambahkan, tujuan lain keikutsertaan Dekranasda Kota Solok dalam kegiatan tersebut guna menarik costumer dari daerah-daerah lain, serta mempromosikan hasil-hasil kerajinan dan makanan khas Kota Solok.

“Apalagi Menuju Visit Kota Solok 2020, diharapkan Kota Solok dapat lakukan event sebesar ini juga. Perlu diperhatikan lagi Hotel dan sarana lainnya guna tercapai keberhasilan Visit Kota Solok 2020 nantinya,” harap Zulmiyetti. (sna)

Tags: , , ,