Promosi Pangan Lokal dan Pemanfaatan Pekarangan

Promosi Pangan Lokal dan Pemanfaatan Pekarangan

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka gerakan diversifikasi pangan untuk menghadapi dampak covid 19, Dinas Pangan Kota Solok bekerjasama dengan Club Jantung Sehat melaksanakan Gelar Pangan Lokal dengan tema “Sehat dan Bahagia dengan Pangan Lokal” serta Gerakan Pemanfaatan Pekarangan pada acara Senam pagi di sepanjang jalan Depan Klinik Tumbuh Kembang Kota Solok, Minggu (20/12/20).

Acara dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Setda Kota Solok, M Safni, dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk mendukung gerakan diversifikasi pangan lokal ini Walikota Solok telah menerbitkan Himbauan Walikota Nomor: 526/152/DP/VII/2020 tanggal 27 Juli 2020 untuk mengkonsumsi menu makanan dengan sumber karbohidrat berbahan baku pangan lokal non beras seperti jagung, ubi kayu, ubi jalar, talas dan pangan lokal lainnya minimal 1 hari dalam 1 bulan. Disamping itu juga telah diterbitkan Instruksi Walikota Solok Nomor: 188.5-6-2020 tanggal 23 Juli 2020 untuk penyediaan menu pangan lokal pada acara rapat dan pertemuan di lingkungan Pemerintah Kota Solok.

Kepala Dinas Pangan Ir. Kusnadi, MM menjelaskan bahwa Gelar Pangan Lokal bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat menu-menu pangan lokal yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi, dan mengubah mindsite masyarakat bahwa “Kenyang Tidak Harus Nasi”, masih banyak sumber karbohidrat lainnya yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi dengan kandungan gizi yang juga tidak kalah dengan kandungan gizi yang terdapat pada nasi.

Lebih lanjut Kepala Bidang Konsumsi, Penganekaragaman dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Kota Solok Ir. Yurmiati, MM menyampaikan melalui acara Gelar Pangan Lokal ini juga turut mendukung berkembangnya pelaku usaha pangan lokal di Kota Solok. Menu pangan lokal yang tampilkan pada acara ini merupakan menu sarapan pagi sehat yang merupakan olahan pelaku usaha pangan lokal yang ada di Kota Solok.

Menu olahan pangan lokal yang ditampilkan diantara: Nasi Goreng singkong jagung olahan Usaha Kue Ardeti, Sup Jaka (Jagung Kentang) Spesial olahan Ozawa Cake, Mie MoU (Mie Olahan Ubi) olahan Usaha Kripik Kahamira, Nasi Bakar Pisang olahan Snack Cindy, Omelet Jagung Manis olahan Dapur Emilly, Omelet Kentang olahan Sahabat Snack, Mie Sagu olahan Adilia Snack, Nasi Goreng Ubi Jalar olahan Usaha Kue Dilla. Menu Sarapan pagi dibagikan gratis kepada peserta senam pagi sebagai bentuk promosi kepada masyarakat.

Disamping itu Gerakan Pemanfaatan Pekarangan berupa bantuan bibit diserahkan secara simbolis oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan kepada 2 perwakilan penerima bantuan dari Kel. Tanah Garam dan Kel. Laing. Gerakan Pemanfaatan Pekarangan ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dalam menghadapi dampak pandemi Covid 19.

Bantuan diberikan kepada 466 KK di Kota Solok. Masing-masing KK mendapatkan paket 1 kg polybag, 1 kg pupuk NPK, 6 karung tanah humus, 2 karung pupuk kandang, 4 macam benih tanaman sayuran, 5 batang bibit cabe, serta 2 batang bibit buah-buahan.

“Kepada masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya, jadikanlah lahan pekarangan sikitar rumah sebagai sumber pangan keluarga,” ujar M Safni. (rab)

Tags: , , , , , , ,