PSC 119 Smash Cares’s Ikuti Kompetisi Pelayanan Prima

PSC 119 Smash Cares’s Ikuti Kompetisi Pelayanan Prima

Solok, (InfoPublikSolok) – PSC 119 Smash Care’s Dinas Kesehatan Kota Solok didatangi oleh tim penilai Kompetisi Unit Kerja Pelayanan Prima dan Pelayanan Publik tingkat Provinsi Sumatera Barat, Kamis (2/5/2019)

Kedatangan rombongan tim penilai dipimpin ketua tim Prof. Dr. Edi Syafri (MUI Sumbar), Dr. Ria Ariany, M.Si (Dosen Fisip Unand), Zikri Alhadi, S.IP, M.A (Dosen FIS UNP), Sawir Pribadi (SKH Singgalang).

Acara penilaian ini dilaksanakan di aula Dinas Kesehatan yang dihadiri Asisten I, Nova Elfino didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSU M. Natsir dan RST Solok.

“Dalam mewujudkan visi dan misi di bidang kesehatan, Pemko Solok mempunyai suatu program yaitu Public Safety Center (PSC) 119 Solok Madinah Sehat Cara Revolusi untuk Sehat (Smash Care’s), yang merupakan pusat pelayanan kesehatan terpadu yang menjamin kebutuhan masyarakat dalam hal-hal yang berhubungan dengan kegawat daruratan medis yang berada di kota Solok,” kata Drs. Nova Elvino dalam sambutannya kepada tim penilai.

Program ini, lanjutnya, merupakan salah satu inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Solok dengan memberikan layanan kesehatan langsung ke rumah masyarakat.

Nova menjelaskan bahwa PSC 119 Smash Care’s merupakan integrasi program pemerintah pusat tentang PSC 119 dengan program Pemko Solok yakni Smash Care’s. Program ini merupakan bentuk jemput bola pelayanan kesehatan saat darurat secara langsung kepada masyarakat.

Secara sederhana, pelayanan kesehatan dilakukan dengan mendatangkan langsung dokter dan ahli medis ke rumah masyarakat setelah menghubungi Call center PSC 911. Ini ditujukan untuk melayanani kondisi gawat darurat pra-hospital.

“Tujuan dari kegiatan PSC 119 Smash Care’s ini adalah memberikan pertolongan pertama dan pelayanan penanganan medis atas kasus kegawat daruratan medis yang terjadi di masyarakat sebelum mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit, serta memberikan bantuan rujukan ke rumah sakit bagi masyarakat,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Nova Elfino juga menyampaikan kepada tim penilai unit kerja pelayanan publik agar dapat memberikan masukan dan saran terhadap pelayanan PSC 119 Smash Care’s di Kota Solok

“Mudah-mudahan bapak dan ibu penilai berkenan memberikan nilai yang terbaik terhadap inovasi pelayanan publik kami PSC 119 Smash Care’s yang telah kami upayakan untuk menjawab kebutuhan masyarakat,“ pungkas Nova Elvino menutup sambutannya.

Kemudian masukan dan arahan dari ketua tim penilai, Prof. Dr. Edy Syafri, menerangkan tentang kompetisi pelayanan prima, yaitu prima yang berarti terbaik, sempurna untuk semua jenis pelayanan, berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima. Sedangkan, Inovasi pelayanan publik adalah inovasi pelayanan tugas rutin yang dilaksanakan sehari-hari

“Program ini merupakan program nasional dan diharapkan tim pekerja ini mampu memberikan pelayanan yang maksimal pada masyarakat untuk seluruh instansi bukan hanya di dinas kesehatan saja tapi ke semua instansi lain, kalau saja instansi lain sudah menganut visi yang sama maka tidak bisa dibayangkan alangkah bahagianya masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang menyenangkan dan memudahkan,” ungkap Prof. Dr. Edy Syafri.

Dalam kesempatan ekspose dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, dr. Ambun Kadri, MKM, menerangkan tentang visi dari PSC 119 Smash Care’s yaitu terwujudnya penanggulangan masalah kegawat daruratan dan bencana di kota solok dengan mengoptimalkan sistem pelayanan terpadu, yang efektif dan efesien.

“PSC 119 Smash Care’s berkekuatan 6 Dokter Umum, 52 Paramedis, 10 Sopir, 18 operator Call Center. Sarana dan prasarana yang dimiliki, diantaranya ruangan khusus Call Center di Dinas Kesehatan, Mobil Ambulan PSC 119 SMASH CARE’S sebanyak 2 unit, VC sebanyak 2 unit bekerjasama dengan PT. Telkom, Hp Android, Laptop operasional Smash Care’s, Printer dan alat-alat kesehatan yang terdiri dari tensi meter, stetoskop, ambu bag, heating set, termometer, oksigen mobile, colar neck, minor set,” paparnya.

“Dengan Motto ‘melayani dengan cerdas, cermat dan sepenuh hati’, PSC 119 Smash Care’s sudah memakai standar pelayanan merujuk kepada keputusan Menpan-RB Nomor 63/KEEP/M.PAN/7/2003, yaitu standar pelayanan gawat darurat, standar pelayanan call center, standar pelayanan pengaduan masyarakat dan standar pelayanan rujukan,” pungkas Ambun Kadri. (es)

Tags: , , , , , , ,