Puncak HKN Ke-56, Dinas Kesehatan Adakan Gowes Sepeda

Puncak HKN Ke-56, Dinas Kesehatan Adakan Gowes Sepeda

Solok, (InfoPublikSolok) – Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 Tahun 2020, Dinas Kesehatan Kota Solok adakan kegiatan Gerakan Mengayuh Sepeda (GERMAS) sejauh 5,6 kilometer, pada Jum’at (20/11/20).

Acara tersebut sekaligus mengkampanyekan budaya hidup sehat yang terdapat dalam himbauan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Kabid PPSDK Hiddayaturrahmi, menyampaikan kegiatan bersepeda ini salah satu bentuk contoh implementasi nyata dari gerakan masyarakat hidup sehat.

Rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HKN Ke-56 tersebut telah dilaksanakan semenjak Kamis, (12/11) yang lalu, dalam bentuk pelaksanaan apel bersama secara virtual, langsung dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Apel virtual tersebut ikuti oleh perwakilan dari rumah sakit di Kota Solok, UPTD pada Dinas kesehatan dan organisasi profesi seperti: IDI, PPNI, IBI, HAKLI, IAKMI.kes pusat.

“Tema yang diusung pada Hari Kesehatan Nasional kali ini adalah Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat. Sementara, sub tema Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19,” ungkap Hiddayaturrahmi.

Hal tersebut merupakan ajakan agar masyarakat tak putus asa, tidak menyerah, dan tidak kendor dalam menjaga kesehatan diri, demi mewujudkan Indonesia Sehat. Slogan tersebut, harus digaungkan agar masyarakat dapat mandiri dalam menjaga kesehatannya dengan selalu hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan.

Tujuan HKN ke-56 kali ini menyatukan tekad dalam mewujudkan semangat memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia. Selain itu, masyarakat diharapkan semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat serta mau melakukan gerakan hidup sehat di tatanan keluarga, sekolah, tempat kerja, tempat umum dan fasilitas lainnya. Dan tidak lupa agar terus melakukan protokol kesehatan dimanapun berada.

Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Niko Rianda Putra, mengatakan kegiatan bersepeda sebagai lanjutan semarak HKN kali ini, dilakukan dengan tetap mengimplementasikan protokol kesehatan dengan cara 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan memakai sabun.

“Peserta bersepeda dengan jarak tempuh minimal sejauh 5,6 kilometer yang dimulai dari tempat kerja masing-masing dan cek point terakhir serta finalnya di Dinas Kesehatan Kota Solok, sekaligus pengambilan kupon doorprice,” ujar Niko.

“Pengundian doorprice, dilakukan secara virtual melalui chanel germas wisata yang ada pada akun youtube dalam live delay. Tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada para sponsor dan donatur yang telah banyak membantu terlaksananya kegiatan ini,” tutur Niko.(es)

Tags: , , ,