Puskesmas Kota Solok Raih Status Akreditasi Paripurna dan Utama

Puskesmas Kota Solok Raih Status Akreditasi Paripurna dan Utama

Solok,(InfoPublikSolok) – Puskesmas Tanjung Paku raih status Re-Akreditasi Paripurna dan Puskesmas Tanah Garam raih Re-Akreditasi utama tahun 2019. Prediket ini diraih sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Solok dalam meningkatkan mutu keselamatan dan kepuasan pasien.

Sebelumnya Puskesmas Tanjung Paku telah meraih Akreditasi Madya dan Puskesmas Tanah Garam meraih Akreditasi Dasar pada tahun 2016. Tim Surveyor dari Komisi Akreditasi Kementrian Kesehatan RI pada tanggal 28 s/d 30 November 2019 yang lalu, telah melakukan kegiatan gelar survei Re Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Akreditasi Puskesmas adalah proses penilaian eksternal oleh Komisi Akreditasi dan atau Perwakilan di Provinsi terhadap puskesmas untuk menilai apakah system manajemen mutu dan system penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok sesuai dengan standar yang ditetapkan. Akreditasi Puskesmas bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan Puskesmas. Akreditasi ini dilakukan 1×3 tahun sesuai tuntutan permenkes 75 tahun 2019 tentang puskesmas.

Puskesmas Tanjung Paku dan Puskesmas Tanah Garam dari hasil penilai Tim tersebut, telah memenuhi standar akreditasi pelayanan kesehatan tingkat pertama yang telah ditetapkan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok dr. Ambun Kadri mengharapkan dengan tercapainya hasil nilai tertinggi pada akreditasi Puskesmas Tanjung Paku dan Puskesmas Tanah Garam, agar terus berkomitmen meningkatkan kinerja dan fasilitas puskesmas dalam memberikan pelayanan yang prima untuk masyarakat,

“Selamat untuk Puskesmas Tanjung Paku atas tercapainya Akreditasi Paripurna dan Puskesmas Tanah Garam dengan Akreditasi Utama, diharapkan untuk terus mempertahankan akreditasi paripurna dan juga semoga dengan tercapainya nilai tertinggi untuk akreditasi ini bisa sebagai contoh dan motivasi untuk puskesmas yang lainnya untuk selalu berkomitmen dalam meningkatkan mutu keselamatan dan kepuasan pasien. Kepada masyarakat dengan ter akreditasinya pelayanan puskesmas semoga lebih menambah kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dasar milik pemerintah,” ujar Ambun Kadri. (es)

Tags: , , , , , , ,