Puskesmas KTK Kunjungi Kelurahan Siaga Aktif Simpang Rumbio

Puskesmas KTK Kunjungi Kelurahan Siaga Aktif Simpang Rumbio

Solok, (InfoPublikSolok) – Puskesmas KTK Kecamatan Lubuk Sikarah melakukan kegiatan turun langsung ke lapangan melalui musyawarah masyarakat Kelurahan Simpang Rumbio Kota Solok untuk mendapat informasi dan masukan terkait masalah kesehatan, di Aula Kelurahan Simpang Rumbio, Selasa (22/1/2019). Acara dihadiri Kepala Puskesmas KTK yang diwakili oleh Dr. Erma Lindawati, pihak kelurahan, RT/RW dan Kader Posyandu.

Dalam sambutannya, Lurah Simpang Rumbio yang diwakilkan oleh Sekretaris Lurah, Faumil Aulia, SH menyampaikan musyawarah ini sangat perlu diketahui oleh RT/RW karena banyak informasi-informasi yang didapatkan untuk nantinya informasi akan disampaikan kepada masyarakat atau warga ditempat RT/RW berada,” ungkap Faumil Aulia.

Dalam diskusi atau musyawarah ini, Dr. Erma Lindawati menyampaikan bahwa pertemuan dari perwakilan Kelurahan dan Tim Kelurahan Siaga Aktif adalah untuk membahas dan merencanakan pemecahan masalah kesehatan serta langkah-langkah kegiatan yang disesuaikan dengan pengembangan Kelurahan dan Kelurahan Siaga Aktif.

Lebih lanjut Dr. Erma Lindawati mengatakan ada beberapa indikator keluarga sehat Per-RW, yaitu keluarga yang mengikuti program-program KB, Ibu yang melakukan persalinan di fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan),  bayi yang mendapatkan imunisasi dasar lengkap,  Balita yang mendapatkan pemantauan pertumbuhan dan lain-lain. “Ada beberapa indikator keluarga sehat Per-RW ini yang menjadi pendukung indeks Kota Sehat Kota Solok,” ungkapnya.

Dalam musyawarah ini perwakilan RT/RW menyampaikan bahwa Posyandu yang berada di Taruko diharapkan dapat dipecah menjadi 2 Posyandu. Pustu (Posyandu Pembantu) diharapkan dapat ditingkatkan pelayanannya terhadap masyarakat dan juga diharapkan juga agar RT/RW dipertemukan dengan Kader Posyandu. (af)

Tags: , , ,